Home Basic 7 Cara Membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE

7 Cara Membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE

7 Cara Membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE

iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE adalah tiga dari sekian banyak iPhone yang masih bisa kita jumpai saat ini meskipun saat ini sudah masuk era iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Bahkan iPhone 5 yang menggunakan standar hardware keluaran tahun 2012 masih saja diminati banyak orang.

Namun tidak jarang kita masih belum tahu cara membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE karena memiliki penampilan dan desain yang sama secara sekilas. Namun kenyataannya berbeda. Kamu bisa melihat perbedaan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE cukup besar secara keseluruhan.

Tidak heran jika banyak calon pengguna merasa takut tertipu karena tidak bisa membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE. Apa perbedaan iPhone 5 dengan iPhone 5S atau apa perbedaan iPhone 5S dengan iPhone SE keluaran terbaru?

Jika kamu jeli, ada banyak perbedaan antara iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE yang bisa kamu lihat. Tenang saja, perbedaan iPhone yang akan dibahas di sini cukup mudah dan tidak sulit, dan tidak akan sampai membongkar iPhone.

Baca juga :

Nah buat kamu yang mau membeli iPhone 5,,iPhone 5S, atau iPhone SE dan masih belum tahu cara membedakan iPhone tersebut, kamu bisa baca 7 perbedaan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE berikut ini.

 

Nama iPhone

Tentu saja cara paling mudah adalah dengan melihat nama iPhone yang ada di dalam kotak kemasan iPhone tersebut. iPhone 5 berarti iPhone tersebut adalah iPhone 5. iPhone 5S berarti iPhone tersebut adalah seri iPhone 5S, dan iPhone SE berarti iPhone tersebut adalah iPhone SE.

7 Cara Membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE

Namun cara ini tentu saja adalah cara yang paling mudah juga untuk digunakan para penipu untuk menipu calon pembeli jika pembeli tidak cermat dalam mengamati iPhone yang akan mereka beli. Bisa saja iPhone 5 dijual di dalam kotak iPhone SE.

Oleh karena itu, kamu perlu membaca lebih banyak cara membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE di bawah ini.

 

Serial Number dan IMEI iPhone

Cara mudah lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecek Serial atau IMEI iPhone. iPhone memiliki nomor serial dan IMEI yang unik sehingga tidak mungkin memiliki IMEI yang sama. Jadi ketika kamu memeriksa IMEI iPhone, maka kamu bisa langsung melihat apakah iPhone kamu adalah iPhone S, iPhone 5S, atau iPhone SE.

7 Cara Membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE

Cara cek IMEI iPhone juga sangat mudah. Bahkan sekali melihat IMEI, kamu juga bisa melihat keaslian iPhone yang sedang kamu gunakan apakah iPhone itu iPhone asli atau iPhone palsu alias iPhone replika. Kamu bisa baca cara cek IMEI iPhone di artikel ini. Baca: 5 Cara Cek IMEI iPhone Asli yang Benar.

 

Warna dan Model iPhone

Mungkin kamu sudah tahu, namun kamu juga harus ingat karena masih saja ada orang yang belum tahu hehe. Ya, iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE memiliki warna dan model yang tidak sama alias berbeda.

7 Cara Membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE

IPhone 5 hanya memiliki 2 model saja, yaitu SIlver dan Gray. IPhone 5S memiliki model Silver, Gray, dan Gold. Sedangkan iPhone SE memiliki model Silver, Gray, Gold, dan Rose Gold.

Pernah ada kasus yang bertanya kepada MacPoin di Twitter ada yang jual iPhone 5S dengan warna Rose Gold. Sekali lagi, iPhone 5S tidak pernah punya model warna Rose Gold. Jadi, kemungkinan pasti sudah dibongkar atau barang rekondisi. Dicat? Mungkin juga :v

 

Touch ID

Cara membedakan di antara iPhone 5, iPhone SE, dan iPhone 5S hanya iPhone 5 saja yang tidak memiliki Touch ID alias kemampuan pemindai sidik jari. Ya, bisa dipastikan jika kamu membeli iPhone 5 dengan sensor sidik jari, jelas itu bukan iPhone 5.

Touch ID ini letaknya di tombol home. Jika tombol home iPhone 5 memiliki akses persegi di tengahnya, maka iPhone 5S dan iPhone SE memiliki perbedaan tombol Home yang polosan tanpa ada gambar persegi di tombol Home karena untuk mengakomodasi fitur Touch ID iPhone.

Pastikan juga kamu mengecek fitur Touch ID. Jangan cuma percaya saja dengan apa yang dikatakan sama penjual lalu termakan dengan kata-kata penjual. Jika berhasil, maka iPhone tersebut tidak memiliki masalah Touch ID.

 

Kamera iPhone

iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE memiliki kamera yang berbeda, baik kualitas maupun bentuk dan tampilannya. Jadi, kamu harus benar-benar melihat perbedaan kamera iPhone tersebut untuk bisa menentukan apakah ini iPhone 5, iPhone 5S, atau iPhone SE.

Yang membedakan, iPhone 5 memiliki kamera 8MP dan hanya memiliki SATU lampu flash. Kamera iPhone 5S memiliki resolusi 8MP dan memiliki DUA lampu flash dengan teknologi True Tone Flash. Sedangkan kamera iPhone SE memiliki resolusi 12 MP dan memiliki fitur Live Photos di dalam kamera iPhone SE.

Jadi, jika kamu menemukan iPhone SE namun hanya memiliki satu lampu flash atau tidak memiliki fitur Live Photos maka bisa dipastikan itu bukan iPhone SE.

 

Fitur Bawaan iPhone

Beberapa perbedaan fitur bawaan iPhone juga bisa dijadikan patokan untuk membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE. Nah ada beberapa fitur bawaan iPhone yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

7 Cara Membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE

Beberapa fitur yang bisa kamu cek adalah sebagai berikut:

  1. Kamera Slo-Mo -> Fitur Slow Mo alias slow motion hanya dimiliki oleh iPhone 5S dan iPhone SE dengan sedikit perbedaan. Cara membedakan fitur iPhone tersebut adalah iPhone SE punya fitur Slo-Mo hingga 240fps sedangkan kamera iPhone 5S hanya 120fps.
  2. Raise to Wake Up -> Ingat, hanya iPhone SE saja yang memilii fitur Raise to Wake Up. Kamu bisa cek fitur tersebut di Settings – Display & Brightness – Raise to Wake Up lalu cari apakah ada Raise to Wake Up.
  3. Live Photos -> Fitur ini juga hanya ada di iPhone SE, Fitur ini membuat foto yang kamu ambil dengan kamera iPhone bisa memiliki efek bergerak karena fitur ini merekam momen beberapa saat sebelum dan sesudah foto diambil.

iTunes

Cara terakhir dan terbilang cukup sukses yaitu dengan bantuan iTunes. Ya, kamu tinggal colokkan saja iPhone ke komputer Mac, PC, atau Laptop Windows yang sudah terinstal iTunes. Kamu bisa lihat iPhone apa yang akan tampil di sana.

7 Cara Membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE

Nah, itu dia adalah beberapa tips mudah cara membedakan iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone SE. Kamu juga bisa cek artikel cara membeli iPhone agar kamu tidak tertipu dan menyesal. Baca: Tips Membeli iPhoneBekas yang Murah dan Berkualitas.

Bagaimana? Sudah coba?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode