Home Basic Cara Menghapus File Trash Can Mac Secara Otomatis

Cara Menghapus File Trash Can Mac Secara Otomatis

Cara Menghapus File Trash Can Mac Secara Otomatis

Komputer Mac dan MacBook sudah dilengkapi dengan sistem operasi  OS X atau macOS. Sistem operasi ini memiliki kemiripan dengan sistem operasi Windows di PC dan Laptop dalam beberapa hal. Salah satunya adalah kemiripan dalam hal menghapus file dan data.

Di Windows, kita mengenal Recycle Bin untuk menampung file yang kamu hapus secara manual. File tersebut masih disimpan di Recycle Bin hingga kamu menghapus file tersebut secara permanen. Di Mac OS X atau macOS, otomatis kamu memiliki Trash Can yang merupakan Recycle Bin Mac.

Kamu juga harus menghapus file di Trash Can secara manual untuk bisa membebaskan memori dan menambah kapasitas memori penyimpanan. Jadi ketika file masih tersimpan di Trash Can, kapasitas memori penyimpanan masih belum bertambah.

Baca Juga :

Nah bagaimana jika kita lupa menghapus file Trash Can secara manual? Tentu saja Mac dan MacBook kamu akan kehabisan kapasitas memori kosong karena beragam file yang kamu hapus ternyata masih berada di Trash Can dan belum terhapus sepenuhnya.

Solusi untuk masalah ini sangat mudah. Kamu cukup hapus saja secara manual untuk mengosongkan Trash Can. Apakah ada cara menghapus file Trash Can Mac secara otomatis? Tentu saja bisa. Kamu bisa menghapus file Trash Can secara otomatis.

Di macOS Sierra terbaru ini, kamu sudah bisa otomatis menghapus file di Trash komputer Mac setelah 30 hari. Jadi setiap file yang kamu hapus ke Trash Can, baik file foto, video, dokumen, dan lain-lain akan terhapus otomatis setelah 30 hari.

Cara Menghapus File di Trash Can Secara Otomatis di Mac

Untuk kamu yang mau tahu cara menghapus dan cara mengosongkan Trash Can Mac secara otomatis, kamu bisa lakukan langkah-langkah di tutorial mudah berikut ini.

  1. Pastikan kamu sudah install macOS Sierra 10.12 ya. Fitur ini masih belum ada di OS X generasi sebelumnya, jadi mau tidak mau kamu harus upgrade ke macOS Sierra.
  2. Masuk ke menu Finder – Preference – Advanced. Kamu akan menemukan beragam pengaturan Finder yang ada dan bisa kamu gunakan.
  3. Cek pilihan Remove items from the Trash after 30 days. Setelah kamu cek, langsung saja kamu tutup jendela preferensi Finder tersebut.
    Cara Menghapus File Trash Can Mac Secara Otomatis
  4. Sekarang coba hapus file di Mac. File secara otomatis akan ditampung ke Trash Can.
  5. Tunggu hingga 30 hari jika kamu ingin menguji fitur tersebut. Kamu akan melihat bahwa semua file yang kamu hapus akan masuk ke Trash Can dan terhapus otomatis setelah 30 hari.
  6. Sekarang kamu sudah bisa otomatis menghapus file di Trash Can tanpa harus menghapus file secara manual.

Fitur ini jelas penting untuk kamu yang sering bekerja dengan banyak sekali file. Kamu mungkin saja akan sering menghapus file hingga lupa untuk mengosongkan Trash Can Mac. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu berpikir untuk menghapus file di Trash Can karena Trash Can akan otomatis dikosongkan setelah 30 hari.

Jelas fitur ini sangat bermanfaat buat kamu yang sering menghapus file. Namun bagaimana jika kamu tidak sengaja menghapus file yang penting dan ternyata sudah lewat lebih dari 30 hari?

Tentu saja kamu tidak bisa lagi menggunakan file tersebut karena sudah terhapus. Oleh karena itu sangat disarankan untuk beberapa hari sekali memantau isi Trash Can Mac dan jika menemukan file yang dirasa masih penting, langsung dikembalikan ke tempat semula.

Bagaimana? Kamu sudah coba?

Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode