Home Mac Awas Virus Mac Terbaru Ditemukan di File Word Macros

Awas Virus Mac Terbaru Ditemukan di File Word Macros

Awas Virus Mac Terbaru Ditemukan di File Word Macros

Komputer Mac dilengkapi dengan OS X atau macOS yang terkenal sangat aman dari virus dan beragam malware lain. Namun bukan berarti Mac dan MacBook kamu akan selamanya aman dari virus atau bahkan tidak bisa kena virus.

Baru-baru ini ditemukan malware atau virus Mac yang bisa menyerang Mac dan MacBook kamu. Ya, sebuah malware atau virus yang siap menginfeksi sistem operasi OS X atau macOS yang terkenal aman dan sulit kena virus.

Dilansir dari 9to5Mac, malware tersebut ditemukan dalam bentuk file Word dalam bentuk dokumen macros. Jadi ketika kamu membuka file dokumen macros tersebut, malware tersebut akan segera menginfeksi seluruh isi Mac OS X atau macOS kamu.

Baca Juga:

Seperti yang kita ketahui, teknik menginfeksi komputer PC atau laptop Windows dengan virus melalui dokumen Word macros dulu cukup populer. Sekarang, teknik tersebut sepertinya juga akan segera merambah ke platform Mac.

Awas Virus Mac Terbaru Ditemukan di File Word Macros

Ketika file mencurigakan dalam bentuk Word macros dibuka dengan Microsoft Word, pengguna akan diminta untuk mengeksekusi file tersebut. Cukup klik Disable Macros untuk menghentikan kode malware tersebut.

Cara kerja malware atau virus Mac tersebut adalah dengan meminta pengguna menjalankan file Word macros tersebut. Ketika dijalankan, virus atau malware tersebut akan melakukan download beberapa kode tertentu dari remote server seperti key logging, webcam monitoring, mencuri data, hingga kode yang bisa merusak Mac dan MacBook kamu.

Nah untuk mencegah hal tersebut, pastikan kamu untuk tidak pernah membuka sembarang file ya. Selalu pastikan kamu terus menggunakan file-file dari sumber yang terpercaya, termasuk aplikasi dan software Mac harus gunakan software asli, dari developer terpercaya ,dan dari sumber yang aman.

Meskipun tidak harus, namun kamu bisa mempertimbangkan menggunakan anti virus Mac jika kamu merasa bahwa Mac kamu sudah terkena serangan virus atau malware jahat. Kamu bisa pilih anti virus gratis maupun yang berbayar.

Bagaimana menurutmu?

via 9to5Mac

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode