Home iPhone Google Chrome di iOS Akhirnya Open Source

Google Chrome di iOS Akhirnya Open Source

Google Chrome di iOS Akhirnya Open Source

Semenjak dirilis, project Chromium yang diprakarsai Google ini sudah menghasilkan beragam produk yang lebih banyak ditujukan untuk desktop, dan di tahun 2015 project tersebut menambahkan Android sebagai platform Chromium.

Namun meskipun begitu, browser Google Chrome di iOS ini masih belum open source. Saat ini, Google sudah mengumumkan bahwa kode dari Chrome for iOS ini sudah disalin ke repositori open-source Chromium, seperti yang dilansir dari 9to5Mac.

Chrome for iOS selama ini tetap terpisah dari project Chromium karena hanya bisa berjalan dalam WebKit rendering engine. Hal ini karena pembatasan Apple dalam browser iOS yang mengharuskan semua berjalan dalam WebKit.

Google tidak menyerah dalam komitmen mereka mengembangkan kode open-source dan menghabiskan beberapa tahun untuk mengubah beragam kode yang dibutuhkan untuk membawa kode dari Chrome for iOS ke kode berbasis Chrome.

Tentu saja manfaat ini bisa dirasakan oleh para developer. Developer sekarang bisa melakukan compile kode dari Chromium versi iOS seperti mereka melakukan compile di platform lain.

Lalu untuk pengguna Chrome di iPhone dan iPad, tidak akan ada begitu banyak perubahan besar saat ini. Hanya saja, perkembangan Chrome for iOS ini bisa berjalan lebih cepat karena pengujian bisa dijalankan di semua komunitas Chromium.

Bagaimana? Apakah kamu developer? Sudah merasakan manfaat ini?

via 9to5Mac

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode