Home Mac Yuk Bikin Aplikasi iOS dan Android dengan Xamarin di Visual Studio

Yuk Bikin Aplikasi iOS dan Android dengan Xamarin di Visual Studio

Review Kinerja dan Performa Xamarin di Visual Studio

Membuat aplikasi iOS dan aplikasi Android memang bukan hal yang baru. Kamu bisa membuat aplikasi iOS dengan tool Xcode, sedangkan untuk membuat aplikasi Android kamu memerlukan tool Android Studio. Membuat aplikasi native selain lebih sulit, juga membutuhkan proses panjang yang terkadang membuat kerja menjadi lambat.

Alangkah lebih baik jika kamu hanya cukup menggunakan satu tool dan satu teknologi saja untuk bisa membuat aplikasi iOS dan Android. Ya, kamu bisa menggunakan teknologi Xamarin untuk membuat aplikasi iOS dan Android dalam tool Visual Studio IDE. Kamu bisa membuat aplikasi iOS dan Android dengan lebih cepat.

Baca Juga:

Untungnya, Visual Studio beserta Xamarin sudah dirilis versi Visual Studio for Mac yang bisa kamu install di OS X atau macOS,  sehingga kamu bisa mengerjakan project aplikasi mobile dengan Xamarin di platform Windows dan Mac.

Yang perlu kamu lakukan adalah download dan install Visual Studio beserta Xamarin. Saya menggunakan Visual Studio for Mac, jadi proses install Visual Studio di Windows mungkin sedikit berbeda.

Setelah kamu install, langsung saja kamu coba untuk membuat project Xamarin baru. Saya mencoba membuat Xamarin Forms App.

Review Kinerja dan Performa Xamarin di Visual Studio

Setelah semua persiapan project siap, maka kamu akan masuk ke halaman project Xamarin tersebut. Berhubung kita hanya mencoba pertama kali, maka kamu cukup lakukan beberapa edit teks seperti label saja, atau kamu bisa langsung coba run project kamu.

Kamu bisa memilih untuk melakukan run dengan menggunakan iOS Simulator atau Android Emulator. Kamu bisa melihat aplikasi ketika berjalan di iOS atau Android. Tentu saja, kamu bisa membuka iOS Simulator dan Android Emulator bersama-sama.

Review Kinerja dan Performa Xamarin di Visual Studio

Untuk menjalankan iOS Simulator dan Android Emulator secara bersamaan, tentu saja membutuhkan memori RAM yang sangat besar. Penggunaan RAM 8GB akan langsung terkuras. Jika terlalu banyak, maka bisa membuat Mac menjadi lemot dan lambat.

Review Kinerja dan Performa Xamarin di Visual Studio

Meskipun boros dalam penggunaan RAM memory, secara keseluruhan Visual Studio dan Xamarin ini memiliki kinerja dan performa  yang cukup cepat. Proses loading project, storyboard, hingga running menjalankan iOS Simulator dan Android Emulator berjalan cepat.

Nah bagaimana? Tertarik untuk membuat aplikasi iOS dan Android menggunakan Xamarin?

Share pengalaman kamu ke kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong