Home iPad Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Siapa sih yang tidak suka foto-foto dengan kamera iPhone? Selain karena kamera iPhone bisa menghasilkan foto dan video berkualitas bagus, iPhone juga memiliki fitur iCloud Photo Gallery yang memungkinkan kamu untuk mengatur agar semua koleksi foto dan video menjadi rapi dan bisa dinikmati di mana saja.

Meskipun demikian, ada kalanya foto dan video kamu tiba-tiba menghilang, entah karena tidak sengaja terhapus atau menghilang entah apa penyebabnya. Namun tenang, kamu bisa mengembalikan foto yang terhapus di iPhone, termasuk juga mengembalikan video yang terhapus.

Mungkin kamu tidak sadar jika perangkat dengan sistem operasi iOS seperti iPhone dan iPad dilengkapi dengan fitur mirip seperti recycle bin.

Ya, semua file terhapus akan masuk ke direktori sejenis recycle bin sebelum dihapus permanen. Itu artinya, setiap foto tidak akan terhapus secara permanen langsung, tapi ditampung di semacam recycle bin.

Baca Juga:

Buat kamu yang tiba-tiba merasa koleksi foto menghilang dengan sendirinya, atau tidak sengaja terhapus, kamu bisa mengembalikan foto tersebut dengan sangat mudah, tanpa perlu aplikasi tambahan atau data recovery.

  1. Buka aplikasi Foto. Aplikasi ini akan menampilkan semua file foto dan video yang diambil dengan menggunakan kamera iPhone, atau koleksi gambar yang disimpan dari internet.
  2. Masuk ke tab Album. Kamu bisa lihat tab tersebut di bagian bawah tampilan aplikasi Foto.
  3. Di bagian Album, scroll ke bawah hingga kamu menemukan album “Dihapus” yang memiliki ikon tempat sampah. Buka album tersebut.
    Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone
  4. Nah di album itulah semua foto dan video yang terhapus. Kamu bisa mengembalikan semua foto dan video tersebut jika kamu mau.
  5. Pilih foto dan video yang akan kamu kembalikan. Caranya, tap pilihan Pilih di bagian kanan atas lalu tap foto atau video yang ingin kamu kembalikan atau pulihkan di iPhone atau iPad kamu.
    Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone
  6. Terakhir, tap Pulihkan untuk mengembalikan foto terhapus dan juga video yang sudah kamu pilih. Semua foto dan video akan masuk kembali ke album Semua Foto.
    Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Semua foto dan video yang terhapus tersebut akan kembali seperti sedia kala. Tentu saja ini mirip seperti mengembalikan file yang terhapus di PC dengan cara memindahkan file tersebut dari recycle bin.

Namun yang harus kamu perhatikan adalah, hanya video dan foto yang terhapus selama 30 hari atau kurang saja yang bisa kamu kembalikan, karena semua foto dan video yang terhapus lebih dari 30 hari akan terhapus secara permanen, otomatis.

Jadi pastikan semua foto dan video yang akan kamu kembalikan tersebut tidak lebih dari 30 hari ya.

Bagaimana? Sudah berhasil mengembalikan foto yang terhapus di iPhone?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong