Home Mac Apakah Kamu Harus Install Dual Boot Windows dan Mac?

Apakah Kamu Harus Install Dual Boot Windows dan Mac?

Apakah Kamu Harus Install Dual Boot Windows dan Mac?

Baru beli Mac atau MacBook dan baru tahu kalau Mac atau MacBook kamu tidak di-install Windows? Semoga saja sudah tidak ada orang yang melakukan kesalahan seperti ini. Meskipun begitu, kamu masih bisa kok install dual boot Mac dan Windows dengan mudah.

Meskipun dilengkapi dengan OS X atau macOS bukan berarti Mac tidak berguna. Sebenarnya kamu tidak harus install dual boot Mac dan Windows. Namun ada kalanya kamu harus install dual boot Windows di Mac karena suatu alasan.

Baca Juga:

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu kamu apakah kamu harus install dual boot Mac dan Windows di komputer Mac atau MacBook kamu atau tidak.

 

Mengorbankan Memori Storage Mac

Konsekuensi yang akan kamu rasakan paling jelas adalah memori penyimpanan Mac akan semakin berkurang. Kamu harus berbagi storage dengan partisi dual boot Windows yang ada. Jelas ini adalah konsekuensi yang tidak bisa kamu hindari.

Apakah Kamu Harus Install Dual Boot Windows dan Mac?

Jika kamu hanya memiliki storage kecil, misalnya saja MacBook 128 GB, maka perlu kamu ingat bahwa partisi Boot Camp membutuhkan minimal 50GB untuk bisa install dual boot Windows di Mac meskipun mungkin kamu hanya menggunakan beberapa GB saja dari total partisi dual boot.

 

Aplikasi atau Software Hanya Ada di Windows?

Jika kamu sering menggunakan aplikasi atau software yang hanya ada di Windows dan tidak ada di Mac, maka kamu harus install Windows untuk bisa menggunakan software tersebut. Misalnya saja Visual Studio untuk pengembangan Universal Windows Platform.

Namun jika kamu menggunakan software yang memang ada versi Mac OS X atau macOS, maka sangat disarankan bagi kamu untuk TIDAK install Windows di Mac. INGAT! Memori storage Mac kamu akan dikorbankan demi sebuah partisi dual boot.

Dengan bantuan CrossOver, kamu bisa install program Windows dengan format .exe ke Mac OS X atau macOS. Baca: Install Program Windows ke Mac dengan CrossOver.

 

Ingin Main Game di Mac atau MacBook?

Alasan terbesar yang mungkin saja membuat kamu melakukan instalasi Windows di Mac adalah ketersediaan game Windows yang melimpah. Game yang dibuat secara khusus untuk  OS X atau macOS mungkin tidak terlalu banyak, namun bukan berarti kamu tidak bisa main game di Mac.

Seperti saya yang ingin sekali bermain PES (Pro Evolution Soccer) di Mac. PES masih belum tersedia di versi Mac, namun saya memilih untuk install dual boot Windows di Mac dan install PES di Windows. Saya bisa memainkan semua game Windows di Mac.

Bagaimanapun juga, melakukan dual boot Windows memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun demikian, pilihan ada di tangan kamu.

Bagaimana? Apakah kamu berencana untuk dual boot Windows dan Mac dengan menggunakan Boot Camp?

 

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode