Home iPad Perbedaan iPad Wifi Only dan Seluler. Pilih Mana?

Perbedaan iPad Wifi Only dan Seluler. Pilih Mana?

Perbedaan iPad Wifi Only dan Seluler. Pilih Mana?

Ketika kamu hendak membeli iPad, kamu seakan-akan harus menentukan satu dari banyak pilihan iPad yang tersedia. Selain menentukan model dan kapasitas memori iPad, kamu pasti akan memilih jenis iPad antara iPad Wifi Only dan iPad Cellular. Apa beda antara versi Wi-Fi dan versi seluler?

Ya, iPad sudah sejak dulu hadir dalam dua versi. iPad Wifi Only dan juga iPad Wifi and Cellular atau yang lebih dikenal dengan nama iPad Seluler saja. Tentu saja ada perbedaan fitur mendasar antara versi Wifi Only dengan versi Seluler. Apa saja perbedaannya?

Baca Juga:

 

Dukungan Operator Seluler

Perbedaan yang paling jelas adalah iPad Wifi Only tidak dilengkapi dengan fitur seluler. Kamu tidak akan menemukan slot kartu SIM karena memang tidak ada slot SIM Card untuk iPad Wifi Only. Berbeda dengan iPad Wifi and Cellular yang memiliki fitur seluler sehingga kamu bisa menggunakan kartu SIM ke dalam iPad tersebut.

Kartu SIM yang kamu masukkan ke iPad itu tentu saja memberikan fitur yang tidak akan ada di iPad Wifi Only. Fitur tersebut adalah sambungan internet dengan koneksi seluler 3G maupun 4G. iPad Wifi Only seperti namanya, kamu hanya bisa tersambung ke internet dengan sambungan Wifi saja. Kamu tidak akan bisa menggunakan 3G atau 4G di versi Wifi Only.

 

Dukungan GPS

Perbedaan lain adalah fitur iPad dalam menentukan lokasi. iPad Seluler dilengkapi chip A-GPS dan menggunakan teknologi GPS tersebut untuk menentukan lokasi, sedangkan iPad WiFi hanya menggunakan teknologi WiFi trilateration, yang tentu saja tidak seakurat GPS.

 

Tidak Bisa Telepon dan SMS?

Ada banyak orang yang terkecoh. Meskipun iPad versi Cellular memiliki fitur seluler dan bisa menggunakan kartu SIM, kamu tidak akan bisa menggunakan iPad Seluler untuk menelepon dan berkirim pesan melalui SMS karena iPad Wifi and Cellular tidak bisa melakukannya.

Lho? Kok bisa begitu? Memang, iPad sejak dulu tidak pernah memiliki fitur telepon seperti pada iPhone. Namun kamu masih bisa menggunakan iPad untuk telepon dan SMS menggunakan Skype atau layanan lain yang bisa kamu gunakan.

 

Harga iPad Cellular Lebih Mahal

Ya, dengan perbedaan fitur diatas kamu harus membayar uang yang jauh lebih besar daripada iPad Wifi Only.

Jadi jika kamu tidak begitu memerlukan fitur GPS, dan tujuan penggunaan iPad hanya di tempat-tempat yang memiliki akses WiFi seperti rumah, kampus, kantor, dan sebagainya, maka memilih iPad Wifi Only sudah lebih dari cukup. Terlebih kamu juga bisa memanfaatkan WiFi tethering jika ingin mengaksesnya di lokasi yang tidak dilengkapi WiFi.

Tetapi jika fitur GPS sangat kamu butuhkan, misalnya untuk navigasi ataupun melihat peta, tentu saja iPad seluler merupakan pilihan terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Nah itu dia beberapa perbedaan antara iPad Wifi Only dengan versi Seluler. Silakan memilih sesuai dengan budget, kebutuhan, dan keperluan personal kamu.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode