Home iPhone 3 Penyebab File MP3 Tidak Bisa Dimasukkan ke iPhone

3 Penyebab File MP3 Tidak Bisa Dimasukkan ke iPhone

Mengapa Ada File MP3 yang Tidak Bisa Dimasukkan ke iPhone?

Copy file MP3 ke iPhone sebenarnya mudah. Setelah kemarin saya membuat artikel tentang bagaimana cara transfer atau memasukkan lagu atau musik dari komputer ke iPhone, ternyata banyak juga pengguna yang gagal. Bukan cuma karena file lagu mp3 bajakan saja *ehemm , bahkan musik original yang dibeli dari iTunes saja tidak bisa dimasukkan ke iPhone.

Memang benar memasukkan lagu ke iPhone tidak semudah seperti di smartphone Android misalnya. Kamu tidak bisa cuma copy paste mp3 ke iPhone dari Finder atau Windows Explorer. Kamu perlu iTunes untuk bisa memindahkan file musik tersebut ke iPhone agar bisa dimainkan di iPhone secara offline.

Baca Juga:

Jika kamu sudah mengikuti proses copy paste yang mudah dari iTunes seperti di artikel saya sebelumnya, namun masih tidak bisa memasukkan lagu ke iPhone, bisa jadi pengaturan dari iCloud Music Library yang aktif menjadi penyebabnya.

 

iCloud Music Library yang Menyebabkan Gagal Transfer Musik ke iPhone?

Ya, iCloud Music Library atau Perpustakaan Musik iCloud adalah fitur yang menyimpan semua library musik kamu agar bisa kamu gunakan di semua perangkat iOS dan Mac agar bisa menggunakan library musik yang sama. Fitur ini biasanya akan aktif ketika kamu berlangganan Apple Music.

Jika fitur iCloud Music Library aktif, maka kamu tidak bisa memasukkan lagu secara manual dari iTunes ke iPhone seperti halnya di tutorial saya tersebut. Apa yang harus kamu lakukan? sederhana, matikan saja fitur iCloud Music Library di Setting – Music di iPhone, iPad, atau iPod Touch kamu.

Mengapa File MP3 Tidak Bisa Dimasukkan ke iPhone?

Setelah fitur iCloud Music Library mati, coba kamu lakukan tutorial cara memasukkan musik ke iPhone seperti pada artikel sebelumnya di sini (Baca: Cara Memindahkan Musik dari Komputer ke iPhone.)

Bagaimana jika iCloud Music Library sudah mati namun masih tidak bisa memasukkan lagu ke iPhone? Beberapa pengguna melaporkan bahwa tidak semua file lagu .mp3 bisa dimasukkan ke iPhone. Mayoritas file .mp3 yang gagal dimasukkan ke iPhone adalah lagu bajakan yang tidak dibeli dari iTunes Store atau dari salinan / copy yang asli.

Saya pernah membeli musik dari Xbox Music (sekarang Microsoft Groove Music) dan semuanya bisa saya masukkan ke iPhone. Begitu pula dengan musik yang dibeli dari iTunes Store, semua bisa dimasukkan ke iPhone. Jadi asal dari file mp3 tersebut juga bisa menentukan gagal atau berhasilnya file mp3 dicopy ke iPhone.

Bagaimana, pernah mengalami masalah serupa? Jika kamu punya tips atau saran lainnya, silakan langsung dibagikan melalui kolom komentar.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode