Home iPhone Cara Menelepon dan Menerima Telepon di Mac dan MacBook

Cara Menelepon dan Menerima Telepon di Mac dan MacBook

Cara Menelepon dan Menerima Telepon di Mac dan MacBook

Membuat panggilan telepon (Calling) atau dan menerima panggilan telepon menggunakan smartphone? Itu biasa. Beragam smartphone seperti smartphone Android dan iPhone tentu saja memiliki fitur untuk membuat panggilan telepon. Kamu bisa menelepon orang lain menggunakan smartphone karena memiliki teknologi komunikasi seluler. Bagaimana dengan komputer, khususnya Mac dan MacBook?

Benar sekali, komputer Mac dan MacBook tidak memiliki kemampuan untuk membuat panggilan telepon atau menerima panggilan. Di antara semua produk Apple yang bisa menggunakan fitur call hanya iPhone saja.

 

Apakah Mac dan MacBook Bisa Membuat dan Menerima Panggilan Telepon?

Secara normal, Mac dan MacBook bisa membuat dan menerima panggilan telepon. Hanya saja, hanya layanan telepon FaceTime dan layanan call pihak ketiga saja yang bisa digunakan, seperti Skype Video Call dan Line Calling. Menelepon dengan nomor seluler sangat tidak mungkin.

Namun dengan fitur Handoff yang diperkenalkan di OS X Yosemite dan iOS 8 membuat iPhone bisa membantu Mac dan MacBook yang menggunakan OS X Yosemite untuk bisa call nomor seluler dan menerima panggilan. Fitur tersebut juga masih bisa digunakan di OS X El Capitan dan macOS terbaru, yaitu macOS Sierra.

Untuk menggunakan fitur handoff, kamu harus mengaktifkannya di Mac atau Macbook dan juga di iPhone. Namun yang harus kamu perhatikan adalah Mac atau MacBook harus menjalankan OS X Yosemite, El Capitan, dan juga macOS Sierra. Untuk iOS, minimal harus menggunakan iOS 8. Kamu juga harus masuk ke akun iCloud yang sama dalam iPhone dan Mac kamu.

 

Cara Mengaktifkan Handoff di Mac dan iPhone

Untuk mengaktifkan Handoff di Mac OS X atau macOS, kamu harus masuk ke System Preference – General dan centang bagian yang berfungsi untuk mengaktifkan handoff. Pastikan Bluetooth kamu juga aktif.

Cara Menelepon dan Menerima Telepon di Mac dan MacBook

Untuk iOS, kamu masuk ke Settings – General – Handoff. Langsung saja aktifkan handoff untuk mengaktkannya. Pastikan Bluetooth juga aktif ya.

Cara Menelepon dan Menerima Telepon di Mac dan MacBook

 

Cara Menelepon Dari Mac dan MacBook

Untuk menggunakan fitur calling alias membuat panggilan dari Mac dan MacBook, buka saja FaceTime seperti gambar di bawah ini.

Cara Menelepon dan Menerima Telepon di Mac dan MacBook

Kamu bisa langsung ketik nama kontak atau nomor telepon yang akan kamu hubungi dengan komunikasi telepon.

Cara Menelepon dan Menerima Telepon di Mac dan MacBook

Tekan tombol call yang berbentuk ikon gagang telepon. Kamu akan lihat keterangan untuk menggunakan iPhone kamu sebagai media untuk tersambung ke komunikasi telepon.

Cara Menelepon dan Menerima Telepon di Mac dan MacBook

 

Cara Menerima Telepon di Mac dan MacBook

Untuk menerima telepon dari Mac atau MacBook sih ya kita tidak perlu melakukan apapun. Kan kita hanya menerima hehehe. Syarat yang harus kamu penuhi adalah fitur handoff di iPhone dan Mac sudah aktif, login dengan Apple ID dan iCloud yang sama, serta keduanya berada di jarak yang cukup untuk bisa saling terhubung.

Cara Menelepon dan Menerima Telepon di Mac dan MacBook

Melewatkan panggilan alias missed call di Mac atau MacBook? Tenang, sistem operasi OS X atau macOS sudah dilengkapi dengan notification center yang akan menampilkan pemberitahuan jika ada missed call dari iPhone.

Tentu saja kamu harus terhubung satu sama lain agar fitur call di Mac dan MacBook ini bisa bekerja.

Bagaimana? Sudah coba?

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong