Home Mac 7 Hal Yang Dikorbankan Apple di MacBook Pro 2016

7 Hal Yang Dikorbankan Apple di MacBook Pro 2016

7 Hal Yang Dikorbankan Apple di MacBook Pro 2016

Apple merilis MacBook Pro baru 2016 dengan banyak fitur baru seperti Touch Bar, Touch ID, dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa yang dihapus dan dihilangkan dari diri MacBook Pro terbaru ini? Ya, Apple memang banyak sekali menghilangkan dan mengorbankan fitur di MacBook Pro Retina Display di model New MacBook Pro 2016 ini.

Memang ini adalah pilihan Apple untuk bisa mendapatkan MacBook Pro yang tipis dan ringan. Menghilangkan dan mengorbankan sesuatu memang sudah menjadi kebiasaan Apple. Sebut saja Apple menghilangkan headphone jack 3.5mm iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang menimbulkan kontroversi pro dan kontra. Begitu juga di MacBook Pro 2016 ini. Apa saja yang dihilangkan dan dikorbankan oleh Apple di MacBook Pro terbaru ini?

MagSafe

Inilah korban pertama. Harus diakui bahwa MagSafe adalah salah satu terobosan Apple terbaik yang pernah ada. Dengan menggunakan magnet untuk melekatkan dan menyambungkan charger dan mengisi baterai ke MacBook ini membuat charger bisa dengan mudah dilepas dan dipasang namun tetap kuat dalam menempel di MacBook Air dan MacBook Pro Retina Display. Jelas ini bisa membuat MacBook aman dari jatuh ketika kamu tidak sengaja menyenggol kabel charger MacBook.

7 Hal Yang Dikorbankan Apple di MacBook Pro 2016

Berbeda dengan MacBook dan MacBook Pro terbaru yang menggunakan charger dengan port USB-C. Memang sih USB-C jelas memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan dengan MagSafe karena port USB-C selain untuk charger dan mengisi baterai MacBook juga bisa digunakan sebagai port input dan output peripheral.

Penggunaan konektor USB-C jelas berbeda dengan MagSafe. MagSafe tergolong lebih aman jika misal kabel tidak sengaja tertarik karena MagSafe mudah lepas dan MacBook akan terlepas dari MagSafe. Selain itu kamu harus membeli charger USB-C baru jika ingin memiliki cadangan charger karena charger MacBook lawas menggunakan MagSafe yang jelas tidak bisa digunakan.

SD Card Support

Suka foto-foto dengan kamera dan langsung memindahkan data atau import foto ke MacBook? Ya, kamu bisa melakukannya dengan mudah di MacBook Pro Retina Display. Namun kamu tidak akan bisa melakukannya dengan mudah di MacBook Pro 2016 terbaru karena Apple menghapus dan menghilangkan card reader di laptop Mac keluaran terbaru tersebut.

Solusinya? Tentu saja kamu harus beli adapter tambahan agar bisa tersambung ke port USB-C. Membeli adapter tambahan bukan solusi yang bagus sebenarnya. Selain karena susah dan ribet membawa adapter ke mana saja, kamu tentu harus keluar biaya lebih besar dan otomatis ada budget untuk harga adapter tambahan yang membuat semua semakin mahal.

HDMI

Kabel HDMI yang menjadi korban berikutnya ini sudah tersedia di MacBook Pro Retina Display dan bisa langsung digunakan tanpa adanya adapter tambahan. Namun jika kamu membeli MacBook Pro model 2016 terbaru jelas kamu tidak akan bisa menggunakan kabel HDMI langsung ke MacBook Pro karena port HDMI sudah dihilangkan. Mengorbankan HDMI memang akan membuat Apple bisa membuat MacBook Pro menjadi tipis, namun itu juga akan mengorbankan kemudahan penggunanya. Solusi? Beli adapter tambahan.

Tombol ESC dan Fuction Key

Siapa menyangka jika tombol ESC dan function key menjadi korban. Dengan menghadirkan tombol Touch Bar, Apple juga mengorbankan satu baris tombol tradisional. Ya, tombol mulai dari Escape atau ESC key hingga semua function key semuanya hilang. Kamu jelas tidak akan bisa menggunakan tombol ESC dan function key seperti sebelumnya. Baca: Touch Bar MacBook Pro Bisa Digunakan di Windows

7 Hal Yang Dikorbankan Apple di MacBook Pro 2016

Tetapi Apple sudah memberikan cara lain sehingga untuk pengorbanan yang satu ini masih bisa dimaklumi. Baca: Solusi Mengatasi Hilangnya Tombol Fisik Escape ESC di MacBook Pro Terbaru

Optical Drives

Penggunaan CD dan DVD zaman sekarang memang sudah semakin berkurang. Tentu saja kita masih ingat dengan MacBook Air yang sengaja menghilangkan DVD atau optical drive. Perlahan namun pasti penggunaan DVD tergantikan dengan teknologi internet yang memiliki kelebihan dalam hal distribusi file dan data.

MacBook Air

Dengan merilis MacBook Pro terbaru, Apple secara resmi menghentikan MacBook Air 11 inch dari daftar penjualannya. Hal ini bisa kamu lihat di artikel ini di mana Apple menghilangkan MacBook Air 11 inci dari situs Apple. ini adalah bukti kuat bahwa MacBook Air 11 inch akan segera dimatikan oleh Apple.

Bagaimana dengan MacBook Air 13 inch? Ya, Apple masih menampilkan MacBook Air 13 inch di situs Apple. namun dalam Apple Event Hello Again 27 Oktober kemarin Apple memberikan penjelasan bahwa MacBook Pro 13 inch tanpa Touch Bar ditujukan bagi pengguna MacBook Air agar beralih ke MacBook Pro terbaru. Baca: Apple Pensiunkan MacBook Air 11 Inch dan MacBook Pro?

MacBook?

Masih ingat dengan New MacBook 12 inch yang merupakan MacBook pertama dengan port USB-C? Ya, MacBook 12 Inci atau yang hanya diberi nama MacBook oleh Apple ini bisa dikatakan payah dalam hal penjualan. Tentu saja selain karena harganya yang lebih mahal dari MacBook Air, MacBook juga tidak memberikan performa dan jumlah port yang lebih baik dari MacBook Air.

Jelas saja MacBook Pro 2016 baru ini jauh lebih baik dari MacBook 12 inch. Dengan dukungan performa dan kinerja yang jelas jauh lebih baik, plus dukungan port USB-C yang lebih banyak membuat orang pasti akan memilih MacBook Pro ketimbang MacBook 12 inch.

Headphone Jack 3.5mm MacBook Dihilangkan?

Beruntung, Apple masih belum menghilangkan dan mengorbankan headphone jack di MacBook Pro terbaru ini. Sepertinya Apple masih belum bisa membuat MacBook dan MacBook Pro yang lebih tipis dan ramping sehingga masih sangat memungkinkan untuk memberikan headphone jack 3.5mm sembari menunggu pasar siap dengan era audio tanpa headphone jack 3.5mm

Bagaimana menurutmu? Apakah Apple terlalu berlebihan dalam memangkas port dan menghilangkan semua teknologi lama?