Home Mac Solusi Mengatasi Hilangnya Tombol Fisik Escape di MacBook Pro Terbaru

Solusi Mengatasi Hilangnya Tombol Fisik Escape di MacBook Pro Terbaru

MacBook SpeakerMeskipun belum resmi dirilis, bocornya fitur dan desain MacBook Pro terbaru membuat gempar para pengguna produk Apple. Bagaimana tidak? Apple lagi-lagi membuat langkah yang kelewat berani. Setelah hilangnya headphone jack di iPhone 7, kali ini yang hilang adalah barisan paling atas keyboard. Krusialnya, di bagian paling atas ini terdapat tombol escape yang amat sangat penting untuk berbagai aplikasi. Tentu saja dalam Magic Toolbar terbaru tersebut Apple pasti mempersiapkan tombol escape virtual. Namun rasanya tetap saja berbeda dibandingkan tombol fisiik ya. hehe

Baca Juga: Jelang Event 27 Oktober, Fitur MacBook Pro 2016 Bocor ke Internet

keyboard-assets-2

Tarik nafas panjang, lalu lepaskan perlahan. Masih ada jalan untuk kamu yang menyukai tombol fisik. Meskipun jalannya tidak lurus dan mulus. Solusinya adalah dengan Modifier Keys. Sebenarnya fitur Modifier Keys ini untuk mengatasi permasalahan perubahan layout jika kamu memakai keyboard untuk Windows PC. Namun untuk kasus kali ini dengan modifier key kamu bisa memindahkan tombol escape ke tombol lain. So, here we go:

Langkah 1: Buka System Preferences → Keyboard → Modifier Keys.

modifier-keys-system-preferences-keyboards

Langkah 2: Setelah itu muncul pilihan menu yang dapat dirubah. Kamu bisa menggantinya sesuai keinginanmu, terserah mana yang menurutmu paling mudah.

remapping-escape-key-to-caps-lock-key

Langkah 3: Klik OK

Yap mudah sekali, hanya tiga langkah sederhana. Namun tentu saja dengan mengganti lokasi tersebut kamu harus membiasakan ulang lagi, karena tubuh manusia memiliki muscle memory, kebiasaan otot-otot kita ketika melakukan sesuatu.

Benar-benar deh ya Apple ini hehe. Jika seandainya aplikasi bisa bicara, contohnya Photoshop, mungkin dia akan bilang begini ke kita “Nah loh, tombol untuk melarikan diri aja pergi, mau lari kemana lu?”

 

Source: 9to5Mac

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.