Home Mac Mengenal Touch Bar pada MacBook Pro Terbaru

Mengenal Touch Bar pada MacBook Pro Terbaru

Touch BarTak bisa dipungkiri, perubahan paling mencolok dari MacBook Pro 2016 kali ini adalah hadirnya Touch Bar yang menggantikan function key. Tata letak ini tentu merupakan hal yang baru untuk semua orang. Hilangnya tombol ‘fisik’ escape juga menjadi hal yang fenomenal. Namun jangan khawatir, masih ada varian MacBook Pro yang masih memiliki susunan keyboard yang lengkap kok, selain itu ada solusinya kok.

Baca Juga:

Kembali lagi ke pertanyaan awal, apa sih Touch Bar ini?

Touch Bar merupakan sebuah panel multitouch retina yang ditanamkan pada sisi atas keyboard MacBook Pro terbaru. Touch Bar memberikan berbagai fitur tambahan untuk setiap aplikasi yang kamu buka. Touch bar ini menggantikan function key pada keyboard sebelumnya, sehingga kamu bisa menemukan tombol volume, escape, brightness dalam bentuk tombol virtual. Plus, di Touch Bar ini, kamu juga menemukan ikon khusus untuk Siri.

Contoh penggunaan?

Misal, ketika kamu menulis email, Touch Bar memberikan tampilan untuk mengedit pesanmu seperti Bold, Italic, dan sebagainya atau memberikan prediksi kata ketika kamu sedang mengetik. Ketika kamu ingin mengirim pesan, Touch Bar menawarkan kepada siapa kamu mengirim pesan. Ketika kamu sedang membuka browser, Touch bar akan menawarkan situs yang akan kamu tuju. Banyak, dan banyak sekali fiturnya. Mulai dari yang sederhana seperti menampilkan emoji hingga fitur mengedit video.

Bisa dikostumisasi.

Kelebihan dari Touch Bar yang tidak akan kamu temukan di function key biasa adalah kustomisasi. Yak, kamu bisa mengganti menu yang tersedia sesuka hatimu. Tinggal drag and drop. Sederhana sekali.

Bekerja dengan aplikasi pihak ketiga.

Hadirnya Touch Bar membuat developer bisa memberikan fitur-fitur baru. Menu di Touch Bar menjadi standar baru untuk aplikasi di Mac. Saat Demo pada Apple Event, banyak aplikasi yang sudah mendukung fitur Touch Bar ini. Mulai dari yang hanya tersedia di Apple seperti Final Cut Pro, hingga Photoshop dan Microsoft Office!

Fitur Touch Bar akan menjadi perubahan untuk setiap aplikasi. Menu tambahan yang bisa kamu sentuh ini memberikan pengalaman yang benar-benar baru. Namun dengan adanya Touch Bar, sepertinya Apple masih belum berminat untuk mengenalkan Laptop dengan layar sentuh. Nah bagaimanakah menurutmu? Bagikan pendapatmu disini yak! 🙂

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.