Home Tutorial Beginilah Cara Menggunakan iCloud Drive

Beginilah Cara Menggunakan iCloud Drive

Beginilah Cara Menggunakan iCloud Drive

Penyimpanan awan alias penyimpanan cloud saat ini sudah marak. Ada Google Drive, Microsoft OneDrive, Box, Dropbox, dan lain-lain. Namun, sebagai pengguna produk Apple, apakah kamu pernah menggunakan layanan penyimpanan awan milik Apple itu sendiri?

iCloud Drive adalah sebuah layanan penyimpanan awan yang dikembangkan oleh Apple sendiri. Layanan ini adalah sebuah jawaban dari Apple untuk menghadapi tantangan dari penyedia layanan awan lainnya. Layanan ini juga memiliki banyak fitur yang mirip dengan layanan penyimpanan awan lainnya.

Mendaftar iCloud

Beginilah Cara Menggunakan iCloud Drive

Untuk mendaftar akun iCloud, kita memang tidak diharuskan untuk memiliki perangkat Apple seperti iPhone ataupun iPad. Namun kita akan mendapatkan banyak keterbatasan seperti kapasitas hanya mendapatkan 1GB hingga tidak memiliki layanan Mail. Namun bila mendaftar dengan menggunakan perangkat Apple, kita punya akses penuh ke semua layanan iCloud.

Menggunakan iCloud Drive di iOS

Sebelum iOS 9, kita tidak bisa menggunakan iCloud Drive secara langsung. Di iOS 9, kita bisa menggunakan layanan iCloud Drive secara langsung dengan mengaktifkan menu iCloud melalui Setting – iCloud – Drive.

Beginilah Cara Menggunakan iCloud Drive

Secara default, terdapat 3 folder yang sudah berada di iCloud Drive. Mereka adalah folder Pages untuk menyimpan dokumen, Numbers untuk menyimpan spreadsheet, dan Keynote untuk menyimpan presentasi. Kita tentu bisa membuat folder secara manual juga. File yang kita buat sebelumnya juga bisa dikenai aksi seperti mengganti nama, membaginya, memindahkan ke folder lain, hingga menghapusnya.

Menggunakan iCloud Drive di Browser

Penggunaan iCloud Drive melalui browser juga tidak jauh berbeda. Bedanya, untuk menggunakannya kita harus login dahulu ke www.icloud.com lalu masuk menggunakan akun iCloud kita.

Beginilah Cara Menggunakan iCloud Drive

Untuk menggunakan iCloud Drive, masuk ke menu iCloud Drive. Setelah itu, iCloud Drive akan terbuka. Seperti biasa, akan disuguhkan tampilan yang hampir sama dengan yang ada di iOS. Kita juga bisa membuat folder baru, mengganti nama file/folder, membagikan file, hingga menghapus file/folder.

Beginilah Cara Menggunakan iCloud Drive

Kapasitas yang diberikan secara gratis adalah 5GB, dan itu dibagi untuk banyak keperluan seperti backup perangkat iDevice, Mail, Perpustakaan foto iCloud, hingga iCloud Drive.

Bagaimana? Apakah kamu lebih suka menggunakan iCloud Drive untuk penyimpanan awan?

  Mengganti Baterai MacBook Pro Sendiri  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode