Yandex Dipakai Otoritas Rusia Untuk Kumpulkan Data Pengguna iOS

Rusia diketahui menggunakan sumber daya besar miliknya untuk keperluan politik dan perang. Salah satunya adalah mengumpulkan data pengguna iOS demi kepentingan mereka.

Muncul laporan dari Financial Times yang menyebutkan bahwa Rusia mulai mengumpulkan data jutaan pengguna iOS melalui paltform Yandex. Seorang peneliti keamanan Zach Edwards menemukan kode yang mengirimkan data pengguna iOS ke Rusia.

Yandex merupakan search engine Rusia yang mirip seperti Google. Data pengguna iOS dapat diambil dari berbagai aplikasi pihak ketiga yang menggunakan developer tool besutan Yandex.

Yandex sendiri akhirnya mengakui bahwa mereka mengumpulkan data dan mengirimkannya ke server Rusia. Mereka mengatakan bahwa hal tersebut merupakan tindakan legal di hukum Rusia.

Masih belum jelas untuk apa data-data tersebut. Namun data yang dikumpulkan Yandex dapat digunakan oleh pemerintah Rusia untuk mengidentifikasi para pengguna.

Apple yang terkenal sangat memperhatikan privasi pengguna hingga kini belum memberikan komentar resmi apapun seputar masalah ini.

via Financial Times

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.