Apple M1 Sangat Hemat Energi Tapi Bisa Secepat Mac Pro

Apple resmi memperkenalkan Mac Studio dengan chip baru, yakni M1 Ultra. Seperti rumor yang sudah ada sebelumnya, M1 Ultra terdiri dari dua buah M1 Max yang dijadikan satu.

Apple menggunakan teknologi yang disebut UltraFusion. Teknologi ini diklaim bisa menggabungkan dua buah M1 Max berspesifikasi maksimal dengan latensi rendah dan efisiensi tinggi.

Hasilnya, spesifikasi M1 Ultra adalah dua kali M1 Max. Yakni 20-core CPU, 64-core GPU, 32-core Neural Engine dan 128GB RAM. Apple dipercaya akan melakukan hal yang sama pada chip Mac Pro.

Mac Pro dikabarkan akan menggabungkan dua buah M1 Ultra menjadi satu chip. Jika benar, maka chip tersebut akan punya 40-Core CPU, 128-Core GPU, 64-core Neural Engine, dan 256GB RAM.

Sekedar informasi, skor benchmark M1 Ultra hampir sama dengan skor benchmark AMD Threadripper 3970X 32-Core, salah satu prosesor desktop terbaik saat ini.

Untuk urusan benchmark, M1 Ultra memang bukan yang paling tinggi meskipun bisa dibilang salah satu yang terbaik. Bayangkan saja jika Apple menggabungkan dua buah M1 Ultra menjadi satu. Akankah chip Mac Pro menjadi chip paling kencang di bumi yang bisa dibeli oleh konsumen?

via Macworld

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.