GPU 64-Core M1 Ultra Lebih Cepat Dari GeForce RTX 3090 dan 200W Lebih Efisien

Pernahkah terbayang sebuah kartu grafis onboard atau integrated GPU bisa punya performa setara atau bahkan lebih baik dari kartu grafis diskrit atau dedicated GPU kelas desktop?

Mungkin tahun 2022 ini adalah awal dari semua impian tersebut. Pasalnya Apple resmi memperkenalkan M1 Ultra yang diklaim punya performa setara atau bahkan lebih tinggi dari Nvidia GeForce RTX 3090 kelas desktop.

Ya, kamu tidak salah baca! M1 Ultra yang cuma “dibekali” dengan GPU integrated bisa punya performa yang mampu bersaing dengan GeForce RTX 3090 yang merupakan kartu grafis diskrit PC kelas atas.

M1 Ultra dibekali dengan 64-core GPU dan diklaim Apple mampu menghadirkan performa yang sedikit lebih tinggi dari GeForce RTX 3090. M1 Ultra juga bisa memanfaatkan Unified Memory 128GB yang lebih besar, lebih cepat dan efisien dari dedicated memory pada GeForce RTX 3090.

GPU 64-Core M1 Ultra Lebih Cepat Dari GeForce RTX 3090 dan 200W Lebih Efisien

Lebih hebat lagi, Apple mengklaim M1 Ultra bisa lebih hemat hingga 200W daya. Tentu saja ini tidak pernah terbayang sebelumnya. Kartu grafis integrated bisa bersaing dengan dedicated GPU, dan lebih hemat daya pula.

M1 Ultra memang belum dirilis ke pasaran, dan belum ada pengguna yang bisa memverifikasi klaim Apple tersebut. Bagaimana menurutmu mengenai hal ini?

via Apple Newsroom

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.