CPU M1 Ultra Lebih Cepat Dari Intel Core i9-12900K dan Lebih Hemat Daya 100W

Sudah bukan rahasia lagi jika Apple Silicon di Mac selalu memberikan performa yang tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan daya listrik. Hal ini yang kurang begitu bisa diraih oleh prosesor komputer tradisional berbasis x86, khususnya keluaran Intel dan AMD.

Setelah sukses merilis M1, M1 Pro dan M1 Max, Apple resmi memperkenalkan M1 Ultra. Ya, M1 Ultra ini benar-benar dirancang khusus untuk desktop sehingga Apple bisa benar-benar mengeluarkan kekuatan penuh dari chip ini tanpa khawatir panas dan baterai.

Meskipun begitu Apple tetap mengklaim M1 Ultra ini efisien dan tidak akan terlalu banyak menghasilkan panas. Bahkan performanya bisa dibilang sangat gila jika dibandingkan dengan prosesor berbasis x86 terbaru dari Intel.

Menurut klaim Apple, performa dari CPU M1 Ultra lebih kencang dari Intel Core i9-12900K. Prosesor Intel yang dibandingkan di sini adalah prosesor Intel kelas desktop, yang punya performa tinggi dan konsumsi daya yang tinggi pula.

Menurut Apple, mereka bisa menghasilkan 90% performa lebih tinggi menggunakan daya yang sama. Untuk bisa meraih performa setara Intel Core i9-12900K, M1 Ultra bisa menghemat 100W daya.

Berhubung komputer dengan M1 Ultra, yakni Mac Studio belum dirilis ke pasaran maka belum ada pengguna yang menguji klaim dari Apple tersebut. Namun jika melihat klaim Apple pada M1, M1 Pro dan M1 Max, maka sepertinya hasilnya tidak akan jauh berbeda.

Bagaimana menurutmu mengenai performa M1 Ultra yang lebih kencang dan lebih efisien dari Intel Core i9-12900K ini?

via Apple Newsroom

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.