Home Tutorial Cara Uninstall Aplikasi Apapun di Mac

Cara Uninstall Aplikasi Apapun di Mac

Cara Uninstall Aplikasi Apapun di Mac

Satu hal yang cukup membuat saya senang menggunakan Mac adalah begitu simple nya OS X ini dari sisi pengguna. Untuk menginstall mayoritas apps bisa dilakukan dengan hanya mengcopy file .app ke folder /Applications, dan untuk menguninstallnya juga cukup menghapusnya saja.

Kenapa Mac bisa begitu simple dalam memanajemen aplikasi?

Hal karena OS X tidak memiliki Registry, sehingga seolah-olah semua aplikasi di Mac adalah portable.

 

Cara Uninstall Aplikasi di Mac

Bagi mayoritas aplikasi Mac, cara uninstall nya sangatlah mudah. Kamu cukup buka saja folder /Applications, lalu drag file .app dari aplikasi tersebut ke trash.

Sebagai contoh saya akan menginstall aplikasi Keka, dan caranya tinggal drag saja Keka ke trash.

Cara Uninstall Aplikasi Apapun di Mac

Mudah sekali bukan?

Tetapi meskipun menguninstall aplikasi di Mac secara manual sangat mudah semudah menghapus file biasa, ada juga aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk uninstall aplikasi secara lebih tuntas yaitu AppCleaner (gratis!). Ini artinya file preference yang mungkin terhubung dengan aplikasi itu juga bakal dideteksi dan ikut dihapus juga.

Namun pada akhirnya pilihan kembali ke tangan kamu, mau uninstall pake cara manual yang super mudah atau menggunakan bantuan aplikasi AppCleaner yang juga tidak kalah gampang.

Silahkan dicoba dan dipilih sendiri. 🙂

  Mengganti Baterai MacBook Pro Sendiri  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.