Ngeri, Apple Sedang Garap Apple Silicon 32-Core

Apple bukanlah pesaing Intel, AMD, dan Nvidia dalam dunia chip, prosesor dan GPU. Namun itu cerita lama saat Apple masih menggunakan prosesor Intel di seluruh lini komputer Mac dan MacBook.

Apple tak pernah menyematkan prosesor Intel terbaik di Mac. Alasannya adalah karena prosesor Intel tak memberikan power-per-watt yang Apple inginkan. Khususnya di MacBook, Apple harus banyak berkorban.

Sebagai gantinya, Apple harus melakukan banyak optimasi. Baik itu software maupun hardware. Hal ini cukup bisa mengimbangi kemampuan prosesor yang sering dikorbankan.

Apple bisa membuat Mac dengan desain yang sangat tipis dan spesifikasi yang secara teori jauh lebih rendah, namun punya performa yang tidak kalah jauh. 

Kini Apple sudah beralih ke chip Apple silicon buatan mereka sendiri. Sudah ada M1, M1 Pro dan M1 Max. Bahkan kini dikabrkan akan ada M2, dan tentu saja M2 Pro dan M2 Max. Tentu performanya lebih besar lagi.

Uniknya, Apple tetap membawa pengetahuan dan pengalaman mereka dalam optimasi software dan hardware di Mac dengan Apple silicon. Hasilnya, performa kencang dengan efisiensi daya yang sangat tinggi.

Intel kini berani menempatkan M1 Max sebagai salah satu pesaing mereka. Mereka juga tak ragu untuk memberikan perbandingan benchmark terhadap M1 Max di dalam presentasi chip terbaru Intel.

Intel, AMD, dan Nvidia Kini Akui Apple Sebagai Rival, Mereka Mulai Takut

AMD juga melakukan hal yang sama. Mereka membandingkan chip AMD terbaru mereka yang diklaim lebih canggih dari M1 Max. Bahkan mereka mengklaim produk mereka lebih efisien dan bisa bikin baterai tahan lama sampai 24 jam.

Nvidia lebih berani lagi. Mereka berani mengklaim bahwa RTX terbaru mereka bisa lebih baik dari M1 Max di MacBook Pro 16 inch, bahkan hingga 7 kali lebih tinggi.

Tentu saja hal ini semakin menarik. Dengan Apple sebagai pemain baru, diharapkan Intel, AMD dan Nvidia bisa terpicu untuk bisa membuat produk yang lebih baik. Baik dalam hal performa maupun efisiensi daya.

Bisa jadi juga mereka mulai takut dengan Apple. Mereka ingin “menghina” Apple selagi mereka masih sempat melakukannya. Menurut kabar terbaru, Apple masih belum selesai berinovasi. Masih ada Apple silicon dengan CPU hingga 40-core, GPU hingga 128-core, dan memori hingga 256GB.

Bagaimana menurutmu mengenai persaingan yang semakin menarik ini?

via Macworld

  ⚡️ Review Logitech G435 Lightspeed: Mencari Headset Gaming Bluetooth Terbaik  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.