Kini Pengguna iPadOS Bisa Bikin Aplikasi iOS dan iPadOS Langsung di iPad

Bisa gak sih kita membuat aplikasi iOS tanpa Xcode di Mac? Jawabannya adalah bisa. Bahkan tanpa memiliki Mac sekalipun, kita bisa membuat aplikasi iPhone dan iPad secara penuh. Ya, dari awal hingga dirilis ke App Store.

Caranya adalah dengan menggunakan Swift Playground 4 di iPadOS yang sudah dirilis pada akhir tahun 2021 kemarin. Apa bedanya Swift Playground di iPad dengan Xcode di Mac?

Swift Playground ini sebenarnya fokus pada aplikasi belajar Swift untuk pemula. Namun di versi 4, Apple memberikan kemampuan baru yang bisa membuat aplikasi iOS dan iPadOS secara langsung di iPad tanpa perlu menggunakan Mac ataupun Xcode.

Sebagus apa sih Swift Playground 4 ini jika dibandingkan dengan Xcode? Sudah tentu fitur Swift Playground lebih sedikit. Apalagi Swift Playground belum berusia 1 bulan sejak dirilis ke publik.

Namun bukan berarti Swift Playground tidak bisa membuat aplikasi iOS dan iPadOS yang bagus. Ini adalah aplikasi pertama di App Store yang dibuat secara penuh dengan menggunakan Swift Playground 4.

Aplikasi ini diberi nama “ToDon’t” dan dibuat oleh Cephalopod Studio. Menurut mereka, Swift Playground sangat bagus untuk membuat aplikasi yang tak terlalu kompleks atau membuat prototype aplikasi yang rumit.

Inilah Aplikasi Pertama di App Store yang Dibuat Pakai iPad, Tanpa Xcode di Mac

Mereka juga setuju bahwa Swift Playground ini tak bisa dibandingkan dengan Xcode yang sudah jauh lebih matang dan punya fitur jauh lebih banyak. Masih banyak fitur penting yang belum ada di Swift Playground, seperti Widgets dan Extension.

Kamu bisa download aplikasinya di sini.

via 9to5mac

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.