Apple Rilis Update Firmware AirPods Pro Versi 2D15

AirPods adalah produk yang cukup sukses, baik secara penjualan maupun secara fitur teknis. Namun ternyata ada satu hal yang hingga kini masih belum bisa dipecahkan oleh perusahaan sekelas Apple sekalipun.

Masalah yang dimaksud adalah kemampuan untuk memainkan audio dengan kualitas Lossless. Ternyata masalah ini memang bukan murni salah Apple, tetapi memang keterbatasan dari Bluetooth.

Bluetooth tidak memiliki bandwidth yang cukup untuk bisa memutar audio dengan kualitas Lossless. Semua audio Lossless di Apple Music akan diubah menjadi Lossy High Quality dengan format AAC.

Satu-satunya cara agar bisa mendengarkan Lossless adalah dengan menggunakan headphone kabel yang terhubung langsung dengan headphone jack.

Tentu saja ini bukan yang diinginkan oleh para pengembang AirPods di Apple. Mereka ingin memberikan dukungan Lossless juga melalui wireless, namun sayang kurang mendapatkan dukungan teknologi yang ada saat ini karena keterbatasan bandwidth di Bluetooth.

Meskipun begitu, kualitas Lossless sebenarnya tidak terlalu bisa dirasakan oleh banyak orang. Hampir tak ada bedanya mendengarkan audio dengan kualitas Lossless dengan Lossy berkualitas tinggi. Kalau hanya ingin mendengarkan musik, kualitas Lossless tak terlalu signifikan peningkatannya.

Bandwidth yang lebih tinggi juga bisa bermanfaat untuk hal lainnya. Sayangnya hingga kini belum ada opsi apapun mengenai hal ini. Apple masih tetap menggunakan teknologi Bluetooth yang ada. Akankah Apple mengembangkan teknologi serupa dengan Bluetooth yang mampu memenuhi semua hal yang dibutuhkan Apple? Kita lihat saja!

via MacRumors

  ⚡️ Review Logitech G435 Lightspeed: Mencari Headset Gaming Bluetooth Terbaik  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.