Cara Nonton Live Streaming WWDC 2021

Tahun 2021 akan segera berakhir, dan Apple masih saja belum berhasil memenuhi beberapa janjinya. Apple memang mengumumkan banyak hal di WWDC dan Apple Event tahun ini.

Setidaknya ada 7 hal yang Apple janjikan akan dirilis di tahun 2021 ini, namun hingga saat ini masih belum terlihat tanda-tanda akan dirilis dalam waktu dekat. Apakah akan mundur lagi?

Apa saja hal-hal yang belum sempat dirilis oleh Apple di tahun 2021?

Universal Control

Fitur pertama dan yang paling ditunggu-tunggu adalah Universal Control. Fitur ini membuat banyak Mac dan iPad bisa digunakan bersama-sama secara mandiri dan bisa saling terhubung satu sama lain.

Fitur Universal Control Kini Diberi Label ‘Beta’ Menjelang Perilisan macOS Monterey

Misalnya saja pengguna sedang mengerjakan suatu file di iPad, pengguna bisa langsung mengarahkan kursor mouse di Mac ke iPad dan melakukan drag-and-drop dari iPad ke Mac tanpa perlu melakukan kirim file secara manual melalui AirDrop misalnya.

Hingga kini belum ada tanda-tanda akan dirilisnya Universal Control ini. Bahkan versi Beta terbaru dari iOS, iPadOS, dan macOS juga belum dirilis fitur Universal Control. Kira-kira kapan ya?

SharePlay di macOS

SharePlay membuat para pengguna produk Apple bisa berbagi layar dengan para pengguna produk Apple lain melalui FaceTime. SharePlay di iOS dan iPadOS sudah dirilis, namun belum dirilis di macOS.

Twitch Berikan Dukungan FaceTime SharePlay di iPhone dan iPad

Untungnya SharePlay sudah hadir di macOS Monterey versi Beta terbaru. Masih ada kesempatan fitur ini akan dirilis di akhir tahun 2021 ini. Namun bisa jadi fitur ini akan diundur lagi.

App Privacy Report

Fitur ini membuat para pengguna bisa melihat laporan privasi di masing-masing aplikasi pihak ketiga yang memiliki akses privasi seperti lokasi, kontak, dan lain sebagainya.

Fitur ini juga sudah hadir di iOS, iPadOS, dan macOS Monterey Beta versi terbaru saat ini. Fitur ini juga masih punya peluang untuk dirilis di akhir tahun 2021 ini.

Digital Legacy

Fitur ini membuat orang lain yang dipercaya oleh pengguna untuk bisa mengakses informasi digital di Apple ID ketika pengguna tersebut sudah meninggal dunia. Pengguna harus memasukkan nama-nama pengguna yang diinginkna di daftar Legacy Contact.

Fitur ini sudah ada di iOS, iPadOS, dan macOS Beta terbaru dan punya kesempatan untuk dirilis di akhir tahun ini.

ID software

Apple mengumumkan bahwa fitur Wallet akan bisa menyimpan informasi seperti SIM dan KTP. Fitur ini terbilang sederhana dan harusnya tidak akan tertunda sampai sekarang.

Hanya saja, fitur ini membutuhkan izin yang rumit dari pemerintah setempat untuk bisa menempatkan data-data digital para penduduk ke Apple Wallet. Apple bahkan dianggap terlalu ambisius untuk bisa membawa fitur ini di akhir tahun 2021 ini. 

Setidaknya Apple harus mengurus dan minta izin pada pemerintah Arizona, Connecticut, Georgia, Iowa, Kentucky, Maryland, Oklahoma, dan Utah di rilis awal ini.

Swift Playgrounds

Kali ini kita masuk ke fitur-fitur yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi. Apple resmi mengumumkan bahwa Swift Playground akan bisa membuat aplikasi iOS secara langsung di iPad.

Kini Pengguna iPadOS Bisa Bikin Aplikasi iOS dan iPadOS Langsung di iPad

Meskipun fiturnya jelas tak sebagus Xcode di Mac, namun kemampuan Swift Playground di iPad ini membuka beragam kesempatan. Ini membuktikan bahwa iPad bisa dijadikan platform untuk membuat aplikasi iOS dan iPadOS.

Namun, Swift Playground terbaru tersebut masih belum dirilis dan masih belum jelas kapan dirilisnya.

Xcode Cloud

Layanan Xcode Cloud adalah layanan Continuous Integration dan Continuous Delivery dari Apple. Dengan demikian para pengembang aplikasi tak perlu menggunakan layanan pihak ketiga.

Inilah 7 Janji Apple yang Belum Terpenuhi di Tahun 2021

Belum ada tanda-tanda Xcode Cloud akan dirilis di akhir tahun meskipun proses uji coba Xcode Cloud sudah dibuka untuk beberapa pengembang aplikasi terpilih.

Bagaimana? Kira-kira fitur dan layanan apa saja yang sekiranya masih sempat dirilis oleh Apple di akhir tahun 2021 ini?

via Macworld

  ⚡️ Review Logitech G435 Lightspeed: Mencari Headset Gaming Bluetooth Terbaik  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.