Apple Bekerja Sama Dengan Pihak Ketiga Untuk Jalankan Program Self Service Repair

Minggu lalu, Apple memberikan kejutan besar untuk para penggunanya. Ya, Apple akhirnya “mengizinkan” para penggunanya untuk memperbaiki perangkat Apple milik mereka dengan merilis program Self Service Repair.

Tak cuma “mengizinkan” saja, tetapi para pengguna yang punya skill melakukan reparasi perangkat Apple juga akan bisa membeli suku cadang original dan resmi dari Apple secara langsung.

Sebelumnya, Apple tak pernah mengakui layanan perbaikan mandiri selain dari Apple Store atau Apple Authorized Service Provider resmi. Bahkan Apple tak menjual suku cadang original ke layanan reparasi mandiri. Alhasil, beberapa masalah kadang muncul setelah perbaikan di tempat reparasi yang tak resmi. Misalnya Face ID dan TrueTone tidak berfungsi setelah ganti layar.

Apple baru akan memulai program Self Service Repair ini pada awal 2022 mendatang dan baru iPhone 12, iPhone 13, dan Mac (beberapa bulan kemudian) saja yang akan kebagian. 

Dilansir dari 9to5mac, Apple kabarnya akan menjual suku cadang tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga yang sudah ditunjuk. Sistem ini tentu sangat bermanfaat di negara yang belum ada Apple Store seperti Indonesia.

Beberapa suku cadang yang akan dijual di awal perilisan program Self Service Repair ini adalah baterai, modul kamera, dan layar. Ketiga komponen tersebut adalah yang paling sering mengalami kerusakan dan paling sering mendapat permintaan perbaikan oleh para pengguna.

via 9to5mac

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.