Windows 11 Tidak Bisa Diinstall di Semua Komputer Mac

Ketika Apple pertama kali merilis komputer Mac dan MacBook dengan chip M1, para penggunanya belum bisa menginstal Windows di Mac M1 karena fitur Boot Camp tidak tersedia.

Apple mengatakan bahwa Mac M1 sebenarnya sudah siap untuk diinstall Windows 10 maupun Windows 11 sekalipun. Ini semua terserah Microsoft apakah mau merilisnya ke Mac M1 atau tidak.

Seperti yang kita tahu, Microsoft adalah pemilik sistem operasi dan platform Windows. Mereka punya hak untuk merilis maupun melarang perilisan Windows ke komputer keluaran apapun.

Kini sudah lebih dari satu tahun ketika Apple resmi merilis Apple silicon berbasis ARM pertama mereka untuk Mac, belum ada tanda-tanda Microsoft akan merilis Windows ke Mac M1.

Apakah Microsoft mengalami kendala teknis untuk memberikan dukungan Windows ke Mac M1? Bukankah Microsoft sudah punya Windows versi ARM? Seharusnya bukan hal yang sulit lagi bagi Microsoft untuk memberikan dukungannya ke chip M1.

Dilansir dari 9to5Mac, akhirnya alasan sebenarnya diketahui. Ternyata yang membuat Microsoft belum juga merilis Windows untuk Mac M1 bukanlah kendala teknis, melainkan adanya kesepakatan rahasia antara mereka dengan Qualcomm.

Kesepakatan tersebut adalah Qualcomm membayar Microsoft dengan catatan Windows for ARM hanya berjalan di chip buatan Qualcomm saja. Apakah ini sebuah praktik monopoli?

Sebenarnya kesepakatan itu sudah lama berlangsung jauh sebelum Mac M1 dirilis. Saat itu Qualcomm adalah satu-satunya perusahaan yang mampu menawarkan chip berbasis ARM yang mumpuni untuk Windows. 

Kini beberapa perusahaan chip seperti MediaTek juga dikabarkan siap merilis chip untuk Windows. Saat ini mereka juga belum bisa merilisnya karena kesepakatan Microsoft dan Qualcomm masih ada.

Kabar baiknya, kesepakatan ini kabarnya akan segera berakhir. Itu artinya, perusahaan lain seperti Apple, MediaTek, dan lain-lain akan punya kesempatan yang sama untuk bisa menerima dukungan Windows on ARM dari Microsoft.

Saat ini para pengguna Mac M1 bisa menginstal Windows, namun dengan mesin virtual seperti Parallels Desktop. Itupun juga harus menggunakan Windows on ARM versi Insider, bukan versi public release yang cenderung lebih stabil.

Sudah tidak sabar menginstal Windows di Mac M1 secara native?

via XDA Developer

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.