M1 Max Bisa Kalahkan AMD Radeon Pro W6900X Seharga $6000

Semua orang pasti percaya bahwa kartu grafis diskrit atau dedicated punya performa yang jauh lebih baik dari kartu grafis onboard atau integrated. Pendapat tersebut sepertinya mulai tidak berlaku lagi.

Hanya karena kartu grafis tersebut bersifat integrated, bukan berarti tak bisa memiliki performa yang sangat tinggi. Contohnya M1 Max yang punya kartu grafis terintegrasi.

Seperti yang kita tahu, chip Apple silicon menggunakan desain SoC. Ini artinya CPU, GPU, memori, dan lain-lain berada dalam satu chip yang sama. Mulai dari M1, M1 Pro, dan M1 Max menggunakan desain seperti ini.

Uniknya, kartu grafis di M1 Max ini bisa mengalahkan kartu grafis diskrit seharga $6000 dalam beberapa pengujian. Kartu grafis yang dimaksud adalah AMD Radeon Pro W6900X.

Pengujian dilakukan oleh Andy Somerfield, salah satu developer Affinity Photo. Menurut hasil pengujian yang dia lakukan, M1 Max bisa mengalahkan AMD Radeon Pro W6900X di beberapa pengujian.

Kamu bisa cek utasan lengkapnya pada tweet di bawah ini:

Namun perlu diperhatikan, bahwa M1 Max yang digunakan dalam pengujian ini hanya varian 32-core saja. Namun pelanggan cukup membayar biaya tambahan $400 saja untuk upgrade dari 16-core GPU ke 32-core GPU.

AMD Radeon Pro W6900X sendiri adalah kartu grafis diskrit yang dirancang untuk Mac Pro sebagai MPX module dan dibekali dengan memori 32GB dan 512GB/s bandwidth.

M1 Max ‘hanya’ dibekali dengan 400GB/s bandwidth, namun M1 Max menggunakan Unified Memory yang punya kecepatan akses lebih tinggi dari memori tradisional pada umumnya.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.