Kapan Apple Rilis Mac Dengan Prosesor Intel 10nm?

Apple merilis MacBook Pro terbaru dengan chip M1 Pro dan juga M1 Max. Kedua chip tersebut membawa banyak sekali fitur baru ke Mac. Mulai dari dukungan 10-core CPU, 32-core GPU, memori hingga 64GB, ProRes encoder dan decoder, Neural Engine, Secure Enclave, dan lain-lain.

Jika kamu perhatikan, chip M1 Pro dan M1 Max ini sebenarnya tidak terlalu banyak mengalami peningkatan dalam hal CPU jika dibandingkan dengan chip M1 yang dirilis pada tahun 2020 yang lalu.

Chip M1 Pro dan M1 Max cuma memiliki peningkatan performa sekitar 70% saja untuk multi-core. Untuk performa single-core sendiri hampir tak ada peningkatan apapun.

Intel dikabarkan siap memanfaatkan ‘kelemahan’ ini dengan merilis Intel Core i9-12900HK. Prosesor ini digadang-gadang punya performa CPU yang lebih baik ketimbang M1 Pro dan M1 Max.

Menurut informasi dari WCCFTECH, Intel Core i9-12900HK bakal punya performa single-core 1,851 dan multi-core 13,256. Sementara itu, M1 Pro dan M1 Max ‘cuma’ punya skor single-core sekitar 1,750-an dan multi-core 12,000-an saja.

Meskipun terpaut tak terlalu besar, namun Intel mulai menunjukkan perkembangan yang bagus. Khususnya dalam merespon kehadiran Apple silicon sejak tahun lalu.

Bagaimana dengan skor selain GPU? Sepertinya hampir mustahil kartu grafis integrated Intel bisa mengalahkan M1 Pro atau M1 Max. Bahkan performa grafis M1 saja terbilang sulit untuk diimbangi oleh Intel.

Apakah Intel Core i9-12900HK akan hadir di Mac? Kemungkinan besar sih tidak, karena Apple sudah resmi mengumumkan proses transisi dari prosesor Intel ke Apple silicon. Tahun depan diprediksi proses transisi tersebut akan benar-benar selesai dan tak akan ada lagi Mac baru dengan prosesor Intel.

Kita nantikan saja iklan-iklan terbaru dari Intel selanjutnya.

via WCCFTECH

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.