Intel 7th Gen Kaby Lake akan Segera Hadir di Mac

Apple resmi memperkenalkan MacBook Pro baru dengan chip M1 Pro dan M1 Max. Kini Apple sudah tidak menjual MacBook apapun lagi dengan prosesor Intel. Beberapa Mac yang masih dijual dengan prosesor Intel adalah iMac 27 inch, Mac Pro, dan Mac mini.

Mac pertama dengan chip Apple silicon berbasis ARM dirilis pada November 2020 yang lalu. Ada MacBook Pro 13 inch, MacBook Air dan Mac mini. Bahkan Apple dikabarkan siap merilis iMac dan Mac mini baru dengan Apple silicon pada kuartal pertama tahun 2022. 

Jika benar, maka akan tersisa Mac Pro saja yang masih menggunakan prosesor Intel. Itu artinya tahun depan Intel akan benar-benar kehilangan Apple, salah satu pelanggan besar mereka selama ini.

Sehari setelah Apple Event 18 Oktober yang lalu, Intel malah ingin balikan dengan Apple. Intel berharap Apple mau kembali bekerja sama dengannya. Kerja sama macam apakah ini?

Apple sudah jelas tak akan lagi menggunakan prosesor Intel di semua lini Mac ketika proses transisi ke Apple silicon selesai pada akhir tahun 2022 mendatang. Intel sepertinya sadar akan hal itu.

Namun di sisi lain Intel juga sadar bahwa Mac dengan Apple silicon akan laris manis. Jadi Intel berharap Apple akan bisa menggunakan jasa Intel untuk proses produksi massal chip Apple silicon.

Di bawah kepemimpian Pat Gelsinger, Intel mulai berubah. Mereka yang sebelumnya punya bisnis prosesor dengan proses produksi milik mereka sendiri kini mulai membuka diri untuk menerima pesanan chip untuk perusahaan lain.

Tapi Intel juga harus cepat, karena Samsung dikabarkan juga akan berharap Apple akan menggunakan jasanya. Bisa saja Intel dan Samsung sama-sama akan mendapatkan pesanan chip dari Apple.

Jika chip buatan Intel tidak lebih baik dari buatan Samsung atau bahkan TSMC, maka tak menutup kemungkinan Intel bakal ditinggal lagi untuk yang kedua kalinya.

Apple selama ini menggunakan jasa TSMC untuk merakit Apple silicon di semua produknya. Mulai dari iPhone, iPad, dan kini chip untuk lini komputer Mac.

Kira-kira akankah Apple mau bekerja sama dengan Intel untuk membuat chip Apple silicon?

via Digitimes

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.