Apple M1 Sangat Hemat Energi Tapi Bisa Secepat Mac Pro

Apple resmi memperkenalkan MacBook Pro 14 inch dan 16 inch baru kemarin. Dilengkapi dengan Apple silicon baru, yakni M1 Pro dan M1 Max. Versi tertinggi dari chip ini mendukung 10-core CPU dan 32-core GPU.

Tentu saja performa dari chip ini sangat luar biasa. Banyak para pengamat teknologi mengatakan bahwa Apple sukses menciptakan keajaiban karena bisa membuat chip komputer yang super cepat namun sangat efisien dan hemat energi.

Ternyata Apple bisa berbuat chip yang lebih cepat lagi dari ini. Bukan cuma 2 kali lipat lebih cepat, tapi bisa mencapai 4 kali lebih cepat dari M1 Max varian tercepat saat ini.

Hal ini diungkapkan oleh Mark Gurman. Dia adalah salah satu orang yang sukses membocorkan spesifikasi dari chip M1 Pro dan M1 Max sebelumnya. Dia juga sukses membocorkan info mengenai desain MacBook Pro, kembalinya port-port lawas, dan lain sebagainya.

Kali ini dia mengatakan bahwa chip di Mac Pro akan jauh lebih mencengangkan. Apple bakal menyematkan 40-core CPU dan 128-core GPU. Spesifikasi chip ini tepat 4 kali jika dibandingkan dengan M1 Max, yang punya 10-core CPU dan 32-core GPU.

Entah suka atau tidak, bocoran yang dia berikan biasanya punya keakuratan yang cukup tinggi. Sama seperti bocoran M1 Max yang terkesan gila namun terbukti menjadi kenyataan, bocoran yang dia berikan kali ini tentang Mac Pro juga tak bisa dikesampingkan begitu saja.

Hanya saja dia tidak mengatakan apakah chip terbaru untuk Mac Pro tersebut akan berbasis M1 atau chip yang lebih baru, misalnya M2 atau M3. Namun kemungkinan besar tidak akan berbasis M1, melainkan chip generasi yang lebih baru.

Chip M1 Max masih berbasis M1, chip yang sama pada tahun 2020 yang lalu. Itulah sebabnya skor benchmark single-core M1 Pro dan M1 Max tak jauh berbeda dengan M1.

Semoga saja chip Apple silicon untuk Mac Pro menggunakan generasi yang lebih baru. Misalnya saja M2 atau M3, sudah menggunakan arsitektur Armv9 terbaru, dan menggunakan proses fabrikasi yang lebih kecil sehingga performa Single-Core bisa meningkat signifikan.

Bagaimana menurutmu?

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.