Google Terinsipirasi dari Apple Untuk Ciptakan Prosesor Chromebook

Chromebook adalah produk laptop yang dibekali dengan sistem operasi Chrome OS buatan Google. Meskipun begitu Google tetap membuka Chrome OS untuk digunakan di laptop buatan pihak ketiga.

Chromebook sendiri bisa menggunakan prosesor pihak ketiga dan produsen apa saja. Namun sepertinya Google ingin merancang prosesor berbasis ARM milik mereka sendiri untuk bisa lebih optimal dalam menjalankan ChromeOS.

Dengan demikian, Google segera bersiap untuk meninggalkan Intel, AMD, MediaTek, dan lain-lain jika chip buatannya terbukti sukses dan lebih baik untuk Chromebook.

Langkah yang diambil Google ini terinspirasi dari langkah Apple yang terbukti sangat sukses dalam merancang chip milik mereka sendiri untuk menggantikan prosesor Intel di komputer Mac.

Seperti yang kita ketahui, chip Apple silicon generasi pertama untuk Mac yakni M1 punya performa yang sangat mengesankan. Bahkan di saat yang sama juga menggunakan energi yang jauh lebih sedikit dari prosesor Intel.

Tentu ini pukulah telak untuk Intel. Selain kehilangan Apple sebagai pelanggannya, Intel juga akan semakin banyak kehilangan pelanggannya di masa depan. Prosesor berbasis x86 akan semakin ditinggalkan.

via MacRumors

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.