Inilah Alasan Mengapa Performa Apple Silicon Begitu Kencang

Sudah bukan rahasia lagi jika Apple sudah bisa dikatakan lebih maju dari Intel dalam merancang chip untuk perangkat desktop. Padahal Apple pertama kali merancang chip sendiri untuk iPhone dan iPad.

Setelah sempat diragukan, akhirnya Apple resmi merilis MacBook Air, Mac mini dan MacBook Pro dengan chip Apple M1, generasi pertama dari Apple silicon berbasis ARM untuk komputer Mac. 

Dari berbagai benchmark antara prosesor Intel dengan Apple M1, Apple M1 unggul di hampir semua kondisi. Bahkan skor benchmark single-core bisa lebih tinggi dari Intel Core i9 maupun Intel Xeon dengan margin yang cukup besar.

Intel tentu tak tinggal diam. Hanya saja, alih-alih melakukan inovasi, Intel malah merilis sebuah benchmark berupa slide presentasi yang memaparkan bahwa chip Intel lebih baik dari Apple M1.

Bukannya mendapatkan pujian, benchmark yang dirilis oleh Intel malah dicibir banyak pengamat teknologi. Hal ini karena benchmark Intel tersebut terkesan tidak konsisten, aneh, dan terkesan dibuat-buat.

Salah satunya adalah Andrew Freedman dari Tom’s Hardware. Dia mengatakan bahwa benchmark tersebut sangat tidak konsisten. Misalnya saja penggunaan prosesor Intel Core i7-1185G7 dengan komputer internal Intel untuk menguji performa Microsoft Office dan Chrome. Kamu bisa lihat presentasi Intel selengkapnya di Tom’s Hardware.

Jelas sistem seperti ini tak seperti kondisi laptop umum yang ada di pasaran. Jika membandingkan performa di lapangan dengan menggunakan komputer/laptop yang benar-benar dijual di pasaran, performa Mac dengan M1 hampir selalu lebih unggul dari Intel.

Mantan kolumnis Macworld, Jason Snell mengatakan di situs webnya Six Colors bahwa pengujiannya sangat tidak jelas dan dipaparkan dengan argumen yang sangat tidak konsisten, tidak fair dan terkesan dibuat-buat.

Meskipun Apple M1 ini bisa mengalahkan Intel Core i9 dan Intel Xeon di banyak kondisi, patut dicatat bahwa Apple M1 “masih” merupakan generasi pertama dari Apple silicon untuk Mac. Masih akan ada lagi generasi berikutnya, seperti Apple M2, Apple M3, dan lain sebagainya.

Belum lagi jika Apple merilis varian lain seperti Apple M1X, Apple M1Z, dan lain sebagainya seperti yang ada pada chip iPhone dan iPad. Apple M1 yang sudah hadir di pasaran saat ini adalah versi “paling rendah”.

via MacRumorsSix ColorsToms Hardware

  Laptop Terbaik untuk Desain Grafis, Creator, dll..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.