Apple memang pernah diisukan akan mengembangkan mesin pencari atau search engine sendiri. Tujuannya tentu saja untuk melepaskan ketergantungan dengan mesin pencari pihak ketiga, semisal Google.

Meskipun punya kualitas pencarian yang terbaik saat ini, namun Google juga diketahui kurang begitu sesuai dengan visi Apple, yaitu melindungi privasi pengguna.

Google memang sudah sangat terkenal memata-matai pengguna ke pihak ketiga demi kepentingan periklanan. Apple selalu mengklaim bahwa mereka tidak akan menjual data pengguna ke pihak ketiga apapun alasannya.

Kini di iOS 14 mulai menunjukkan hasil pencarian sendiri yang berbeda dengan pencarian Google, dengan link langsung ke situs-situs web. Hasil ini didapatkan apabila pengguna melakukan pencarian dari home screen. 

Selain itu, crawler buatan Apple yakni Applebot belakangan mengalami kenaikan crawl rate kunjungan ke situs-situs untuk memperbarui database. Inilah yang semakin memperkuat dugaan pengembangan search engine Apple.

Apple juga sebelumnya sudah merekrut John Giannandrea, mantan kepala pencarian dan kecerdasan buatan Google pada tahun 2018. Menurut Bill Coughran ,eksekutif Google, Apple memiliki tim yang luar biasa, pengalaman dan kedalaman dalam mengembangkan mesin pencari.

via Daily Mail

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.