Di iOS 14, Apple memperkenalkan aplikasi Translate baru yang mendukung sekitar 11 bahasa dan dapat mengubah bahasa secara real-time. Bahasa yang didukung (hingga saat ini) meliputi Arabic, mainland Chinese, English (United States dan United Kingdom), French, German, Italian, Japanese, Korean, Portuguese, Russian, dan Spanish.

Tampilan dari aplikasi Translate ini cukup sederhana, sehingga pengguna bisa dapat menggunakannya dengan cepat dan mudah. Selain melakukan translate terhadap kalimat yang pengguna ucapkan, kamu juga bisa translate text yang diketik secara manual.

Selain itu, aplikasi Translate ini juga mendukung mode percakapan. Jadi pengguna bisa menerjemahkan percakapan yang dilakukan secara real-time.

Perlu diingat hingga artikel ini ditulis, iOS 14 masih dalam status public beta. Jika kamu tertarik kamu bisa mendapatkannya dengan mengikuti instruksi pada artikel berikut. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa tidak menutup kemungkinan versi public beta ini akan membuat aplikasi tidak bekerja dengan semestinya, hingga sistem yang tidak stabil hingga menyebabkan restart atau crash secara random.

Menggunakan Mode Percakapan di Aplikasi Translate

  1. Buka aplikasi Translate di iPhone atau iPad.
  2. Tap pada menu bahasa pojok kiri atas, lalu scroll kebawah dan swipe ke kanan (on) pada opsi Automatic Detection. Lakukan hal yang sama dengan menu bahasa pada pojok kanan atas.
  3. Done.

Untuk memulai percakapan, kamu perlu mengubah mode orientasi layar menjadi landscape. Caranya cukup mudah, putar iPhone menjadi landscape (sekitar 90 derajat), pastikan tidak ada penguncian terhadap orientasi layar (cek pada bagian Control Center).

Tap tombol microphone saat melakukan percakapan dengan orang lain, dan iPhone otomatis akan melakukan translate terhadap bahasa yang diucapkan. Kamu bisa tap play untuk mendengarkan terjemahan.

Kamu juga bisa tap mode expand (pada isi kiri) untuk membuka mode Attention, dimana tampilan dari hasil terjemahan akan memenuhi layar sehingga memudahkan pengguna untuk membaca hasil terjemahan.

Tentunya, aplikasi Translate ini akan berguna bagi kamu yang sering jalan-jalan keluar negeri atau belum terlalu fasih dengan bahasa asing. Kedepannya tentu diharapkan aplikasi ini lebih banyak mendukung bahasa lain, seperti bahasa Indonesia.

  700 Ribuan! HP Murah 4G untuk Sekolah Online 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.