Hal yang Diprediksi Akan Diumumkan Apple di WWDC20

WWDC20 akan segera dimulai pada 22 Juni 2020, alias nanti malam 23 Juni 2020 jam 00:00 WIB. Sudah banyak sekali berbagai rumor yang beredar. Mulai dari update perangkat lunak terbaru, hingga rumor mengenai perangkat keras terbaru.

Kira-kira apa saja sih yang akan diumumkan di WWDC20 nanti? Berikut ini setidaknya 11 hal yang diprediksi akan diperkenalkan oleh Apple di WWDC20 ini.

watchOS 7

Biasanya Apple akan membuka WWDC dengan update untuk watchOS terbaru. Ya, platform Apple Watch ini memang semakin menarik saja untuk diikuti mengingat Apple Watch semakin menguasai pasar wearable. Bahkan Apple Watch juga sukses menguasai pasar jam tangan mewah mengalahkan merk terkenal seperti Rolex.

Update watchOS 7 Bawa Fitur Sleep Tracking dan Kids Mode?

Update watchOS 7 diprediksi akan membawa beberapa fitur baru yang selama ini sudah sering diisukan, seperti Kids Mode, native Sleep Tracking, Watch Face baru, dan tentunya perbaikan bug dan peningkatan sistem di dalamnya. Fitur apa nih yang kamu tunggu-tunggu di watchOS 7?

tvOS 14

Update baru yang juga dipastikan akan diperkenalkan oleh Apple adalah tvOS 14. Seperti watchOS 7, tvOS 14 juga diprediksi akan membawa fitur baru berupa Kids Mode. Fitur ini bisa digunakan oleh para orangtua untuk membatasi konten yang diakses oleh anak di Apple TV.

4 Tutorial Cara Restart dan Force Restart Apple TV

Update baru yang juga dipastikan akan diperkenalkan oleh Apple adalah tvOS 14. Seperti watchOS 7, tvOS 14 juga diprediksi akan membawa fitur baru berupa Kids Mode. Fitur ini bisa digunakan oleh para orangtua untuk membatasi konten yang diakses oleh anak di Apple TV.

Selain itu, Apple juga diprediksi akan semakin fokus mengintegrasikan tvOS dengan HomePod. Seperti yang kita ketahui, Sistem operasi yang digunakan oleh Apple pada HomePod adalah berbasis iOS. Apple mulai beralih menggunakan basis tvOS sebagai sistem operasi HomePod mulai dari update tvOS 13.3.

macOS 10.16

Update terbaru untuk komputer Mac dan MacBook ini tentu saja tidak akan dilewatkan begitu saja. Hanya saja tidak ada banyak rumor mengenai fitur baru di macOS 10.16 ini. Kita hanya bisa berharap Apple segera merilis berbagai aplikasi Catalyst ke Mac untuk menggantikan berbagai aplikasi macOS yang sudah dianggap ketinggalan.

Seperti contohnya aplikasi Message di macOS yang sudah sangat ketinggalan jika dibandingkan dengan aplikasi Message di iPhone dan iPad. Apple juga diharapkan bisa segera meningkatkan dukungan untuk para pengembang pihak ketiga agar bisa merilis aplikasi Catalyst lebih baik lagi.

Update macOS Catalina Mungkin DirIlis Pada 4 Oktober

Selain itu, yang menarik dari setiap update macOS terbaru adalah namanya. Meskipun menggunakan penamaan menggunakan nomor, namun Apple selalu memberikan nama unik di setiap update macOS. Seperti contohnya macOS Sierra, macOS High Sierra, macOS Mojave, dan macOS Catalina. Kira-kira nama apa yang akan dipakai Apple di macOS 10.16. ini?

iPadOS 14

Setelah “resmi” berpisah dengan iOS, kini Apple sangat fokus mengembangkan iPadOS yang benar-benar berbeda dari iOS di iPhone dan iPod Touch. iPadOS ini memang benar-benar dirancang untuk komputer tablet ketimbang sebuah tablet biasa.

Inilah 3 Perbedaan Penting iOS dan iPadOS Pada iPad

Setelah “resmi” berpisah dengan iOS, kini Apple sangat fokus mengembangkan iPadOS yang benar-benar berbeda dari iOS di iPhone dan iPod Touch. iPadOS ini memang benar-benar dirancang untuk komputer tablet ketimbang sebuah tablet biasa.

Sejauh ini tidak ada banyak rumor mengenai fitur baru yang akan dihadirkan Apple di iPadOS 14. Bisa jadi hanya sebatas peningkatan untuk fitur Augmented Reality, integrasi yang lebih baik lagi dengan perangkat mouse dan keyboard, update aplikasi bawaan terbaru, peningkatan performa, perbaikan bug, dan lain sebagainya.

Untuk para pengembang aplikasi, mereka berharap Apple memberikan dukungan yang lebih baik untuk aplikasi Catalyst agar proses transisi aplikasi iPadOS ke platform macOS bisa berjalan lebih lancar dari sebelumnya.

iOS 14

Meskipun tidak selalu, tapi biasanya update mengenai iOS terbaru diletakkan di urutan belakang. Hal ini karena memang biasanya update iOS adalah bintang utama di setiap ajang tahunan para pengembang aplikasi Apple ini.

Uniknya, tidak banyak fitur baru yang dirumorkan akan hadir di iOS 14 kali ini. Hanya ada rumor mengenai peningkatan fitur translasi di Safari, fitur wallpaper baru di CarPlay, dukungan AirTag, pengunci mobil dengan menggunakan iPhone, dan lain sebagainya.

Tahun 2019 yang lalu, Apple merilis Project Catalyst untuk memudahkan proses porting aplikasi iOS ke macOS. Hanya saja untuk saat ini Apple hanya fokus pada porting aplikasi iOS di iPad, alias aplikasi iPadOS saja. Semoga saja di update iOS 14 ini, Apple memberikan lebih banyak fitur baru agar proses porting aplikasi iOS di iPhone ke macOS bisa lebih baik dari sebelumnya. 

iPhoneOS

Rumor terbaru beberapa hari terakhir ini juga menyebutkan bahwa Apple akan kembali menggunakan nama ‘iPhone OS’ atau ‘iPhoneOS’ sebagai nama platform yang akan digunakan di iPhone. Penggunaan ini agar lebih konsisten dengan penamaan iPadOS di iPad.

Semua Model iPhone 12 Akan Dijual Lebih Murah?

Yah, sejauh ini tidak ada informasi lain yang menguatkan hal ini. Namun saya pribadi lebih suka dengan nama iOS 14 ketimbang iPhoneOS karena memang sudah terbiasa dan sudah familiar.

Mac Catalyst

Catalyst adalah teknologi yang memungkinkan para pengembang aplikasi berbasis iOS untuk bisa porting aplikasi tersebut ke macOS dengan lebih cepat dan mudah. Teknologi ini sudah dirilis pada WWDC 2019 yang lalu dan sudah hampir satu tahun digunakan oleh beberapa pengembang.

Namun beberapa dari mereka menganggap bahwa teknologi Catalyst ini masih belum benar-benar sempurna. Pasalnya meskipun proses porting terbilang mudah namun aplikasi versi macOS masih terlihat seperti aplikasi berbasis iOS.

Project Catalyst, Bukti Apple Masih Peduli Dengan Mac

Semoga saja Catalyst di versi terbaru yang akan diumumkan di tahun 2020 ini lebih baik dari sebelumnya.

SwiftUI

SwiftUI adalah framework baru dari Apple dalam memudahkan para pengembang aplikasi untuk merancang tampilan aplikasi. Meskipun framework baru, namun SwiftUI tidak pernah dirancang untuk benar-benar menggantikan UIKit yang sudah 13 tahun menjadi framework andalan dalam membuat aplikasi berbasis iOS.

Hal yang Diprediksi Akan Diumumkan Apple di WWDC20

SwiftUI adalah framework baru dari Apple dalam memudahkan para pengembang aplikasi untuk merancang tampilan aplikasi. Meskipun framework baru, namun SwiftUI tidak pernah dirancang untuk benar-benar menggantikan UIKit yang sudah 13 tahun menjadi framework andalan dalam membuat aplikasi berbasis iOS.

SwiftUI versi saat ini juga masih dianggap masih belum benar-benar matang. Oleh karena itu para pengembang aplikasi berharap Apple segera memperbaiki berbagai kekurangan yang ada di SwiftUI saat ini.

Apple TV Baru

Selain memperkenalkan update perangkat lunak yang baru, Apple juga diprediksi akan memperkenalkan perangkat keras baru. Perangkat keras pertama yang diprediksi akan diperkenalkan oleh Apple di WWDC pada 22 Juni 2020 besok adalah Apple TV baru.

Apple Siap Rilis Apple TV Baru Dengan Chip A12?

Apple TV ini akan menggunakan chip Apple A12 untuk mengakomodasi berbagai fitur baru dan layanan yang semakin membutuhkan daya komputasi yang besar. Salah satunya adalah layanan berlangganan game, Apple Arcade. Semakin canggih sebuah game tentu butuh chip prosesor dan kartu grafis yang lebih baik.

iMac Baru

Apple juga diprediksi akan merilis iMac baru. Bukan sembarang iMac, karena iMac ini akan menjadi iMac pertama yang hadir dengan desain baru setelah hampir 10 tahun Apple menggunakan desain iMac yang hampir sama.

5 Alasan Sebaiknya Kamu Beli iMac 5K 2019 Paling Murah

Kabarnya desain iMac ini akan mirip dengan Pro Display XDR jika dilihat dari depan, yaitu dengan bezel tipis dan layar yang lebih besar. Namun ada juga yang mengatakan bahwa bagian depannya akan lebih mirip desain iPad Pro terbaru. Kira-kira mana yang benar ya?

Transisi Mac ke Chip ARM

Buat saya pribadi, ini yang paling menarik. Apple memang sedang tidak akur-akurnya dengan Intel karena berbagai update baru untuk komputer Mac sering terlambat gara-gara Intel yang kurang mampu mengimbangi kecepatan inovasi Apple yang semakin kencang.

Yang dikhawatirkan oleh banyak orang ketika Apple akan beralih dari prosesor Intel ke chip buatan sendiri yang berbasis ARM adalah bukan performa komputer Mac, tetapi kompabilitas berbagai perangkat lunak yang sudah ada.

Apple Diisukan Lagi Akan Buat Prosesor ARM Sendiri untuk Mac

Semoga saja Apple bisa segera memberikan solusi terbaik agar proses transisi lancar, para pengembang aplikasi bisa dimudahkan dalam proses transisi ke chip ARM ini, dan tidak ada pengguna Mac yang dirugikan.

Bagaimana menurutmu? Kira-kira mana yang menurutmu paling menarik untuk dinantikan?

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.