Prosesor Rancangan Apple Bisa Kalahkan Prosesor Intel?

Rumor mengenai transisi dari prosesor Intel ke prosesor berbasis ARM di Mac semakin panas saja. Hal ini tentu saja akan benar-benar jelas ketika WWDC20 nanti malam sudah berlangsung. Ya, Apple diprediksi akan mengumumkan proses transisi di ajang tahunan pengembang aplikasi tersebut.

Proses transisi ini sebenarnya tak begitu sulit dan tak akan ada masalah yang berarti. Yang menjadi masalah di sini adalah kompabilitas berbagai perangkat lunak dan aplikasi di macOS yang harus segera mendukung chip berbasis ARM.

Untuk mengakalinya, tentu saja Apple tak akan langsung melakukan transisi ke semua lini Mac. Lini produk untuk pengguna profesional seperti iMac Pro dan Mac Pro diprediksi masih akan menggunakan prosesor Intel.

Produk untuk kelas konsumer seperti MacBook sepertinya akan menjadi produk pertama yang akan mendapatkan dukungan chip ARM ini. Pasalnya para pengguna MacBook biasanya tak membutuhkan daya komputasi besar.

Dilansir dari MacRumors, sang analis terkenal Ming-Chi Kuo kembali memberikan prediksinya tentang Mac berbasis ARM. Menurutnya, MacBook dan iMac akan menjadi dua produk pertama yang akan mendapatkan dukungan chip berbasis ARM ini.

Uniknya, ketika produk iMac dan MacBook pertama tersebut dirilis maka Apple akan langsung mematikan penjualan iMac dan MacBook seri sebelumnya yang masih menggunakan prosesor Intel.

Untuk produk yang benar-benar dijual di pasaran sendiri kabarnya baru akan dilakukan di awal tahun 2021 mendatang. Tahun ini, Apple baru akan memberikan pengumuman resmi dan memberikan dukungan kepada para pengembang aplikasi dan perangkat lunak untuk segera menulis ulang perangkat lunak mereka agar mendukung chip berbasis ARM ini.

via MacRumors

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.