Selama 3 tahun sejak pertama kali iPhone dirilis, Apple masih menggunakan nama iPhone OS sebagai nama platform di iPhone. iPhone OS sendiri adalah platform yang dirancang untuk layar sentuh yang berbasis Mac OS X (sekarang macOS).

Setelah iPhone OS digunakan di iPod Touch dan iPad, Apple langsung mengganti nama iPhone OS menjadi iOS ketika iOS 4 pertama kali dirilis. Sejak saat itu hingga tahun 2019, Apple selalu menggunakan nama iOS untuk platform sistem operasi yang digunakan iPhone, iPad dan iPod Touch.

Hal ini berubah ketika di WWDC 2019 yang lalu, Apple mengganti nama iOS khusus di iPad menjadi iPadOS. Menurut Apple, hal ini karena perkembangan iOS di iPad semakin berbeda dan unik dari iOS di iPhone dan iPod Touch sehingga perlu nama sendiri yang lebih merepresentasikan iPad.

Kini menjelang WWDC20 pada 22 Juni 2020 besok, Apple dikabarkan akan kembali menggunakan nama iPhone OS untuk versi iOS terbaru. Entah akan menggunakan nama ‘iPhone OS’ seperti dulu, atau ‘iPhoneOS’ agar lebih konsisten dengan nama iPadOS.

Hal ini pertama kali dibeberkan oleh Jon Prosser. Akhir-akhir ini dia memang sering membocorkan berbagai macam produk baru dan update produk Apple yang belum dirilis, dan satu per satu prediksinya akurat.

Kira-kira bagaimana menurutmu? Lebih baik iPhone OS, iPhoneOS, atau iOS 14 ya?

via Apple Insider

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.