Apa?! Apple Akan Ganti Nama iPhone Jadi Apple Phone?

Apple diisukan akan mengganti nama iOS 14 menjadi ‘iPhoneOS’ atau ‘iPhone OS’. Namun ternyata ada satu lagi rumor yang tak kalah menarik. Ya, Apple dikabarkan akan mengganti nama iPhone menjadi Apple Phone.

Informasi ini pertama kali dibeberkan oleh Max Weinbach, yang membalas tweet dari Jon Prosser yang mengatakan ‘iPhone OS’, sebuah cuitan yang mungkin membeberkan nama iPhone OS menggantikan nama iOS 14.

Max Weinbach mengaku bahwa dirinya juga mendapati informasi tentang nama iPhone OS yang akan menggantikan nama iOS. Namun dia juga mengungkapkan bahwa Apple juga bisa jadi mengganti nama iPhone jadi Apple Phone.

Meskipun sulit dipercaya, namun langkah ini sebenarnya tak terlalu mengejutkan. Apple memang sudah tak lagi menggunakan awalan ‘i’ di berbagai produk baru mereka. Mulai dari Apple Watch alih-alih menggunakan nama ‘iWatch’, Apple TV alih-alih menggunakan nama ‘iTV’, dan lain sebagainya.

Awalan ‘i’ sendiri mulai populer ketika Apple merilis iMac. Awalan ‘i’ sendiri punya beberapa arti. Hal ini sudah dijelaskan oleh Steve Jobs sendiri ketika pertama kali memperkenalkan iMac di Macworld Expo 1998.

Mulai dari ‘individual’ yang merepresentasikan produk ini adalah produk konsumer yang mengakomodasi banyak personalisasi pengguna, ‘internet’ yang merepresentasikan penggunaan internet di awal tahun 2000-an yang semakin booming, hingga ‘inspire’ yang berarti produk tersebut bisa menginpirasi banyak orang, dan lain sebagainya.

Intinya, produk Apple yang berawalan ‘i’ pada awalnya memang ditargetkan untuk pengguna konsumer dan bukan pengguna profesional. Sebut saja iLife, iWork, iMovie, iPhoto, iDVD, iBook, iWeb, iCloud, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalau saya pribadi, nama ‘iPhone’ sendiri sudah menjadi ikonik. Mau produk ini untuk konsumer, entusias, atau profesional sudah tidak ada artinya lagi awalan ‘i’ di dalam nama iPhone tersebut.

Nah bagaimana menurutmu jika Apple benar-benar mengganti nama iPhone menjadi Apple Phone?

  Technow #44: Redmi Note 9 Pro 5G! Biaya Produksi iPhone 12, Nokia 9.3 PureView 5G Mundur..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.