A12Z di iPad Pro Punya 8-Core GPU, A12X Cuma 7-Core

Apple resmi merilis iPad Pro 2020 beberapa waktu yang lalu. Salah satu hal baru yang diberikan di iPad Pro baru ini adalah chip A12Z. Cukup unik memberikan chip A12 series mengingat di akhir tahun 2019 kemarin Apple sudah merilis iPhone 11 dengan chip yang lebih baru yaitu A13.

Dilansir dari MacRumors, ternyata chip A12Z ini sebenarnya tak ada bedanya dengan chip A12X yang ada di seri iPad Pro 2018 yang lalu. Bedanya hanya pada unit chip pengolah grafis atau GPU saja.

Apple menyematkan 7-Core CPU di Apple A12X, sedangkan di CPU A12Z Apple menyematkan 8-Core CPU. Perbedaan yang secara teori tidak terlalu mencolok dan tak banyak memberikan peningkatan performa.

Namun tambahan satu core ini cukup membantu karena LiDAR Scanner yang ada pada iPad Pro 2020 sudah tentu membutuhkan performa chip grafis yang lebih tinggi.

Tidak ada informasi resmi mengapa Apple masih menggunakan seri A12 ketimbang langsung menggunakan chip A13 yang notabene merupakan chip terbaru saat ini.

via Apple Insider

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.