Bug iOS 12.1.2 Bikin iPhone Alami Masalah Data Seluler

Sudah hampir dipastikan Apple akan merilis iPhone 12 di akhir tahun ini dengan dukungan prosesor baru. Ya, prosesor baru yang dimaksud tersebut adalah Apple A14.

Kehadiran prosesor baru ini juga sudah dikonfirmasi oleh sang manufaktur, TSMC. TSMC mengatakan bahwa prosesor A14 akan menggunakan proses fabrikasi baru, yaitu 5nm.

Proses fabrikasi yang semakin padat ini akan membawa peningkatan performa dan efisiensi baterai. Namun, bagaimana kira-kira performa prosesor A14 dengan fabrikasi 5nm ini?

Sekedar informasi, A13 Bionic menggunakan fabrikasi 7nm namun bisa memiliki performa yang nyaris setara dengan prosesor Intel dan AMD pada laptop yang umum hadir di pasaran.

Dengan fabrikasi 5nm, itu artinya bakal ada peningkatan performa setara dengan dua kali lipat dari prosesor dengan fabrikasi 7nm. Hal tersebut karena adanya jumlah transistor yang meningkat pada prosesor Apple A14.

Bila saat ini skor benchmark via Geekbench 5 untuk prosesor Apple A13 berada pada angka 3.000-an, maka bukan tidak mungkin jika prosesor Apple A14 akan mencapai skor 5.000-an, alias akan setara dengan komputer kelas desktop.

Bagaimana menurutmu?

via Macworld

  Apple Bersiap MENAMPAR Intel...  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.