Diduga Mata-Mata, Apple Tarik Aplikasi ToTok dari App Store

Apple hari ini resmi menarik aplikasi chatting ToTok dari App Store setelah diketahui bahwa aplikasi tersebut melakukan aktivitas merekam dan memata-matai aktvitas penggunanya.

Dilansir dari WIRED, aplikasi ToTok diduga menjadi alat yang digunakan salah satu pihak di Uni Emirat Arab (UEA) untuk merekam aktivitas para penggunanya secara massal.

Aplikasi ToTok akhir-akhir ini memang semakin populer. Aplikasi ini dikembangkan olah pengembang asal UEA bernama Breej Holding Ltd.

Saat ini aplikasi ToTok sudah resmi ditarik dari App Store oleh Apple. Tak lama berselang, aplikasi ini juga ditarik dari toko aplikasi Android, Play Store.

Menurut penelitian, modus yang digunakan aplikasi ToTok untuk mencuri informasi dan aktivitas pengguna adalah dengan menyediakan ramalah cuaca.

Aplikasi ToTok akan mampu melacak lokasi tempat tinggal pengguna dengan rinci. Data tersebut memang dikatakan akan digunakan oleh pihak pengembang aplikasi saja, namun kenyataannya aplikasi ini mengirim data ke pihak lain.

via WIRED

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.