Ini Yang Harus Kamu Ketahui Dari HomeKit

Smart Home adalah sebuah teknologi yang akhir-akhir ini semakin naik daun. Tiap perusahaan mengembangkan teknologi milik mereka sendiri-sendiri yang tak jarang membuat para produsen perangkat smart home kebingungan.

Hal ini karena saat ini masih belum ada standar yang jelas mengenai teknologi Smart Home di dunia. Saat ini masalah tersebut sedang diatasi oleh kerjasama empat perusahaan besar dunia.

Amazon, Apple, Google dan Zigbee Alliance baru saja mengumumkan bahwa mereka akan membentuk kelompok untuk menggarap dan mempromosikan standar terbuka teknologi Smart Home di seluruh dunia.

Seperti biasa, sebuah standar terbuka nantinya akan meningkatkan kompatbilitas antar perangkat, bebas royalti dan menjamin keamanan. Proyek ini akan diberi nama Connected Home over IP. 

Misi utama dari proyek ini adalah untuk membuat standar agar pera perusahaan lain yang ingin mengimplementasikan smart hon ebisa menyederhanakan pengembangan dan meningkatkan kompatibilitas bagi konsumen.

Penggunaan Internet Protocol akan memungkinkan kompabilitas komunikasi lintas perangkat Smart Home, aplikasi seluler, layanan cloud dan lain sebagainya.

Apple, Amazon dan Google adalah perusahaan teknologi yang selama ini mengembangkan software dan hardware Smart Home. Mereka punya standar milik mereka sendiri.

Sementara Zigbee Alliance adalah kumpulan aliansi banyak perusahaan seperti IKEA, Legrand, NXP Semiconductors, Resideo, Samsung SmartThings, Schneider Electric, Signify, Silicon Labs, Somfy, dan Wulian.

via Apple

  5 Gadget Favorit Bulan Ini, Mulai dari 290 Ribuan!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.