Review Layanan Streaming Apple TV+ di Indonesia

Layanan streaming Apple TV+ sudah resmi dirilis di Indonesia pada 1 November 2019 kemarin. Kini semua pengguna produk Apple sudah bisa menggunakannya. Bahkan pengguna smart TV pihak ketiga juga bisa menikmatinya. Syaratnya adalah memiliki aplikasi Apple TV di dalamnya.

Saya pribadi sudah mencoba aplikasi Apple TV dan juga berlangganan Apple TV+. Berikut ini adalah review dan ulasan singkat mengenai layanan Apple TV+ di Indonesia.

Tampilan

Untuk kamu yang belum tahu, aplikasi Apple TV ini sebenarnya adalah aplikasi pengganti aplikasi Video yang sebelumnya ada di perangkat iPhone, iPad, dan juga iPod Touch. Aplikasi ini berisi beragam konten video, film, TV Show, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, tampilannya secara umum tidak jauh berbeda dengan tampilan aplikasi Video yang ada sebelumnya. Hanya saja, kini terdapat menu atau tab “Watch Now” untuk menonton beragam konten di Apple TV+. 

Review Layanan Streaming Apple TV+ di Indonesia

Sedangkan tab “Library” tampilannya sama persis dengan tampilan library video atau film yang sebelumnya ada di aplikasi Video. Berisi beragam film dan juga TV Show yang sudah kita beli di iTunes Movie Store.

Konten

Tab “Watch Now” ini adalah menu baru untuk menonton beragam konten yang hadir di Apple TV+. Kamu bisa langsung melihat semua konten dan serial yang ada di dalam katalog Apple TV+. Kamu bisa cari konten yang hendak ditonton di sana.

Review Layanan Streaming Apple TV+ di Indonesia

Setelah menemukan konten yang hendak ditonton, akan ada tombol “Play” maupun “Play First Episode”. Tunggu hingga konten video tersebut hingga muncul. Pastikan koneksi internet kamu stabil dan cepat.

Review Layanan Streaming Apple TV+ di Indonesia

Sayangnya konten yang diputar di sini dilindungi. Sehingga kamu tidak akan bisa mengambil screenshot atau merekam layar. Tampilan akan berubah menjadi warna hitam saja.

Di bagian atas terdapat menu “Next” untuk menampilkan beragam serial yang sudah kita tonton sebelumnya. Jadi kamu bisa dengan lebih mudah melihat riwayat daftar konten yang sudah kamu tonton.

Konten di Apple TV+ ini juga mendukung subtitle Bahasa Indonesia sehingga kamu tak perlu khawatir jika tak mengerti bahasa asing. Bahkan Apple juga melakukan perubahan judul konten jika konten tersebut melanggar hak atau paten di negara setempat.

Contoh paling mudah di Indonesia ini adalah serial The Morning Show. Meskipun nama aslinya adalah The Morning Show, namun di Indonesia namanya diganti menjadi The Morning Wars. Pengguna Twitter @amasna membeberkan alasan di balik perubahan nama tersebut.

Jika kamu scroll ke bagian bawah, muncul beragam konten film yang bisa kamu beli dan sewa di iTunes Movie Store. Bahkan konten promosi dan diskon juga muncul. Promo di sini juga disesuaikan dengan negara setempat. Misalnya ada promo 11:11 di Indonesia, di iTunes Store regional Indonesia juga ada.

Review Layanan Streaming Apple TV+ di Indonesia

Kamu bisa beli film, sewa film, menonton trailer film, dan informasi film lainnya secara langsung di aplikasi Apple TV di sini tanpa perlu membuka iTunes Movie Store secara manual.

Review Layanan Streaming Apple TV+ di Indonesia

Menurut saya, layanan Apple TV+ ini memang menjadi salah satu hal yang menarik untuk dicoba. Meskipun saat ini harus diakui jumlah kontennya masih belum sebanyak layanan streaming lainnya yang sudah hadir lebih dulu di Indonesia.

Bagaimana? Kamu sudah coba Apple TV+ di Indonesia?

  Ini Fitur Canggih Banget..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.