Apple Benar-Benar Akan Bunuh Aperture di Tahun 2019 Ini

Untuk pertama kalinya Apple mengharuskan semua aplikasi macOS harus sudah menggunakan arsitektur berbasis 64-bit. Aplikasi yang masih menggunakan arsitektur 32-bit tak akan bisa berjalan di Mac dan MacBook yang menjalankan macOS Catalina.

Dengan demikian, beragam perangkat lunak lawas tak akan bisa berjalan di macOS Catalina. Beberapa program populer yang bahkan dari Apple sekalipun seperti Aperture juga tak bisa berjalan di macOS Catalina.

Developer pihak ketiga, Tyshawn Cormier kini mengembangkan sebuah tools gratis bernama Retroactive. Tools ini akan membuat beberapa aplikasi yang tak bisa berjalan di macOS Catalina dapat dijalankan kembali.

Tak cuma itu. Tool sederhana ini juga bisa menjalankan beragam program yang sudah dibuang di macOS Catalina. Salah satu contohnya adalah iTunes.

Tool ini dirilis di GitHub dan bersifat Open Source. Pengguna bisa melakukan pemeriksaan ulang untuk meyakinkan bahwa kode yang ada di dalam tool tersebut aman digunakan.

via Apple Insider

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.