Apakah Safari iOS Kirimkan Data Pengguna ke Tencent?

Apple memang menjadi salah satu perusahaan yang cukup aktif dalam hal melindungi privasi pengguna. Namun Apple juga tak pernah menolak bekerja sama dengan perusahaan lain yang menjual data pengguna.

Salah satunya adalah Google. Ya, Apple mengizinkan Google untuk menjadi mesin pencari utama di Safari for iOS. Padahal Google terkenal tidak cukup bagus dalam hal perlindungan privasi pengguna.

Baru-baru ini muncul kabar bahwa bahwa data pengguna di Safari for iOS tersebut dikirim ke perusahaan teknologi raksasa asal Tiongkok, Tencent.

Hasil dari penelitian ini pertama kali diungkapkan oleh Reclaim The Net pada iOS 13 dengan membaca ketentuan dan privasi yang diatur di Safari for iOS.

Di dalam ketentuan tersebut secara jelas tertulis bahwa Safari akan melakukan cek website dengan mengirim data pengguna yang dibutuhkan ke layanan Google Safe Browsing dan Tencent Safe Browsing.

Jika benar, maka secara tidak langsung Apple menjual dan berbagi data pengguna Safari ke perusahaan lain. Uniknya, perusahaan tersebut adalah perusahaan Tiongkok.

Bagaimana menurutmu mengenai hal ini?

via Engadget

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.