Musisi dan Produser Musik Diimbau Tidak Update ke macOS Catalina Dulu

Apple resmi merilis update macOS Catalina Golden Master ke para pengembang terdaftar. Itu artinya update macOS Catalina akan segera dirilis ke publik. Buat kamu yang sering menggunakan DAW(Digital Audio Workstation), disarankan untuk tidak update ke macOS Catalina terlebih dahulu.

Hal ini karena beragam perangkat lunak DAW tidak bekerja di macOS Catalina, seperti iZotope, Elektron, IK Multimedia, dan Steinberg. Para pengembang diminta untuk segera menyesuaikan perangkat lunak mereka dengan macOS Catalina.

Para pengembang Logic Pro X, perangkat lunak pengolah musik dan audio dari Apple menyatakan bahwa beberapa plug in dari pihak ketiga akan bermasalah jika perangkat lunak belum disesuaikan agar kompatibel dengan macOS Catalina.

Seperti yang kita ketahui, Apple mengharuskan semua perangkat lunak yang berjalan di macOS Catalina sudah harus mendukung arsitektur 64-bit. Jika masih menggunakan arsitektur 32-bit, maka perangkat lunak tidak akan bekerja lagi.

Rencana ini terbilang berani, sebab Apple adalah produsen sistem operasi komputer pertama yang mengharuskan para pengembang aplikasi pihak ketiga untuk membuat aplikasi dan perangkat lunak yang hanya mendukung arsitektur 64-bit saja.

Langkah Apple ini sebenarnya tak terlalu mengejutkan mengingat Apple juga sudah pernah melakukan hal yang sama di platform iOS. Ya, mulai dari iOS 11, Apple mengharuskan semua aplikasi iOS sudah harus mendukung arsitektur 64-bit.

via Music Tech

  Review vivo S1 Pro — Apa yang Baru..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.