iOS 13 dan iPadOS Punya Bug pada Keyboard Pihak Ketiga

Apple resmi merilis iOS 13 beberapa waktu yang lalu ke perangkat iPhone dan iPod Touch. Kurang dari seminggu kemudian, Apple resmi merilis update iOS 13.1 dan juga update iPadOS ke pengguna iPad.

Setelah beberapa saat, Apple merilis pemberitahuan bahwa ada sebuah bug pada penggunaan keyboard pihak ketiga di iPhone, iPad, dan iPod Touch. Apple menyarankan agar untuk sementara jangan menggunakan keyboard built-in pihak ketiga sampai bug berhasil diatasi.

Bug ini bisa membuat keyboard built-in pihak ketiga dapat menggunakan semua akses pada iPhone, iPad, atau iPod Touch tanpa diketahui oleh pengguna terlebih dahulu dan bisa membuat perangkat merekam dan mengirim data ke pihak ketiga.

Satu-satunya cara agar pengguna aman adalah dengan menggunakan keyboard bawaan Apple di iOS dan iPadOS. Apalagi saat ini keyboard bawaan Apple di iOS 13 dan iPadOS sudah punya fitur menarik. Salah satunya adalah fitur swipe type.

Fitur ini sangat mirip dengan apa yang ada di aplikasi keyboard pihak ketiga, seperti Google Gboard, SwiftKey Microsoft, dan Grammarly. Untuk saat ini, semua keyboard pihak ketiga jangan digunakan sampai Apple berhasil membereskan bug ini di update berikutnya.

via CNN

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.