Semua Model iPhone 11 Masih Gunakan Modem Intel

Apple sudah resmi berdamai dengan Qualcomm. Dengan demikian, Apple sudah bisa menggunakan chip modem buatan Qualcomm lagi seperti sedia kala.

Sebelumnya, hubungan Apple dan Qualcomm sempat memanas. Mereka berdua bertarung di pengadilan dan menuntut hak mereka dipenuhi. Salah satu konsekuensinya adalah Apple tidak akan menggunakan chip modem buatan Qualcomm lagi.

Apple beralih ke pemasok lain seperti Intel. Sesuai prediksi, chip buatan Intel memang masih belum sebagus buatan Qualcomm. Itulah sebabnya sejak beralih menggunakan Intel, kecepatan internet seluler iPhone tak pernah lebih baik dari para kompetitor yang menggunakan chip Qualcomm.

Meskipun sudah berdamai, namun nyatanya Apple masih belum menggunakan chip modem Qualcomm di iPhone terbaru. Ya, mreka masih menggunakan chip modem LTE buatan Intel, pemasok yang sama dengan iPhone keluaran tahun 2018.

Modem Intel yang digunakan pada iPhone 2019 adalah Intel XMM 7660. Ini adalah teknologi modem LTE dari Intel yang terakhir, sebelum Intel keluar dari bisnis modem smartphone.

Setelah Intel keluar dari bisnis modem seluler, Apple resmi membeli bisnis modem Intel. Apple tentu diprediksi akan mengembangkan chip modem sendiri di masa depan. 

via Apple Insider

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.