iPhone 11 Pro Punya 2GB RAM Tambahan untuk Kamera

Kemarin muncul perdebatan mengenai berapa kapasitas memori atau RAM iPhone 11, khususnya model iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Ada yang mengatakan iPhone 11 Pro punya 6GB RAM dan ada yang mengatakan punya 4GB RAM.

Perbedaan pendapat ini memang sangat wajar mengingat Apple memang tak pernah membeberkan spesifikasi memori iPhone. Kalau kamu menonton Apple Special Event yang memperkenakan iPhone, tak pernah Apple mengatakan kapasitas memori iPhone.

Di dalam perangkat lunak Xcode, iPhone 11 Pro terkonfirmasi hanya memiliki 4GB RAM saja. Ternyata 4GB RAM ini adalah memori yang bisa diakses oleh pengguna secara normal. Sedangkan iPhone 11 Pro ternyata punya tambahan 2GB memori yang dialokasikan khusus untuk kebutuhan pemrosesan kamera.

Jika ditotal, maka memang benar iPhone 11 Pro punya memori 6GB. Namun yang tersedia untuk pengguna hanya 4GB saja. Tambahan 2GB hanya bisa digunakan oleh sistem untuk kebutuhan penggunaan fitur kamera.

Tak heran jika Apple mengalokasikan memori khusus karena kebutuhan pemrosesan kamera di iPhone 11 Pro jelas lebih besar. Hal ini karena Apple menyematkan tiga kamera pada iPhone 11 Pro, yaitu kamera Wide, Ultra-Wide, dan Tele.

Apple juga menyematkan fitur baru yang membuat semua kamera iPhone 11 Pro bisa aktif semuanya sekaligus. Alhasil, kebutuhan memori jelas akan lebih besar. Alokasi memori 2GB secara khusus jelas lebih diutamakan ketimbang menggunakan memori yang berbagi dengan sistem lain.

Bagaimana menurutmu?

via Apple Insider

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.