iOS 13 Bikin Pengembang Aplikasi Pihak Ketiga Kerepotan

iOS 13 akan segera dirilis ke publik. Tentu saja semua pengguna iPhone akan menyambut update iOS terbaru tersebut dengan riang gembira. Hal ini karena iOS 13 membawa beragam fitur baru yang menarik.

Meskipun disambut dengan gembira oleh para pengguna iPhone, nyatanya iOS 13 kurang begitu disambut dengan gembira oleh para pengembang, khususnya buat mereka yang mengembangkan aplikasi chat atau pesan instan, dan panggilan via internet.

Pasalnya mereka semakin kesulitan untuk mengikuti pembaruan aturan sistem privasi baru pada iOS 13. Facebook Messenger dan WhatsApp misalnya, harus mengubah sistem Voice over Internet Protocol (VoIP).

Sistem VoIP berfungsi untuk melakukan panggilan melalui suara maupun video antar pengguna melalui protokol Internet. Apple memutuskan untuk membatasi background app yang boleh berjalan di iOS 13.

Beragam aplikasi pengolah pesan seperti Signal, Wickr, Threma, dan Wire juga menghadapi masalah yang serupa. Penyebabnya adalah pembatasaan akses developer ke Pushkit API di iOS 13 tersebut.

Untungnya Apple memberi tenggat waktu yang cukup lama, yaitu sampai dengan April 2020 agar semua aplikasi pihak ketiga bisa beradaptasi dengan perubahan di iOS 13. Apple juga sudah memberi bantuan agar para developer bisa menggunakan Puskit API yang baru.

Bagaimana menurutmu?

via MacRumors

  Akhirnya Punya NFC..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.