iPhone sebenarnya punya banyak fitur, tetapi tidak semua fiturnya bisa langsung kamu nikmati. Beberapa fitur perlu aksesoris khusus untuk dinikmati — dan aksesoris ini tidak disertakan di box pembeliannya. Nah disini saya bakal bagikan beberapa aksesoris iPhone yang kalo kamu miliki bisa memaksimalkan fitur dan experience di iPhone kamu.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk review dan info tekno terbaru setiap hari

1. Power Delivery Charger

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Sejak di iPhone 8 sampe saat ini, iPhone sudah support Fast Charging dengan USB Power Delivery 18W. Tetapi di box pembelian, charger bawaannya ya cuman charger standar yang 5W aja. Jadi aksesoris pertama yang wajib banget kamu miliki kalo pengen manfaatin fitur fast charging di iPhone adalah Power Delivery Charger. Ada banyak banget merek yang bisa kamu pilih, dan kalo saya ini pake UGREEN Power Delivery Charger 18W. Charger ini udah support Power Delivery 3.0, dan kalo pake ini proses charging bisa lebih cepat sampai 70%, jadi kalo biasanya saya pake charger standar..nge-charge setengah jam baterai cuman keisi sekitar 20%an aja, kalo pake Power Delivery Charger ini bisa keisi sampe 50% — jauh lebih cepat. Tapi jangan salah beli ya, untuk iPhone belilah yang Power Delivery Charger, bukan yang Quick Charge charger — karena teknologi yg dipakai keduanya berbeda.

Beli UGREEN Power Delivery Charger

2. Power Delivery Fast Charging Cable

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Aksesoris kedua yang wajib kamu miliki adalah Power Delivery Fast Charging Cable, karena memang perlu kabel khusus untuk nge-charge iPhone dengan Power Delivery Charger tadi. Punya saya ini adalah UGREEN Power Delivery Fast Charging Cable, yang merupakan kabel dari USB-C ke Lightning, jadi bisa langsung ditancepin aja dari Power Delivery Charger ke iPhone nya. Selain bahannya yang lentur dan build quality nya yang bagus, Power Delivery Cable dari UGREEN ini udah certified MFI ya, kamu bisa cek di website Apple-nya langsung — yang artinya dia udah terjamin aman dan kompatibel untuk iPhone.

Beli UGREEN Power Delivery Fast Charging Cable

3. Power Delivery PowerBank

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Nah aksesoris ketiga, ini masih ada hubungannya juga dengan Fast Charging di iPhone ya. Jadi kalo kamu butuh PowerBank, pastikan beli PowerBank yang support Power Delivery 3.0. Saya pake Vyatta Ultra Mini X Power Delivery, ini powerbank 10rb mAh yang kecil banget, jadi praktis buat dibawa kemana2 ya. Mayoritas powerbank 10rb mAh ukurannya lebih besar dari ini. Dan pastikan kamu pake kabel yang support power delivery juga biar bisa nikmatin charger cepat pake powerbank ini.

Beli Vyatta Ultra Mini X Power Delivery

4. Wireless Charging PAD

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Sejak di iPhone 8, iPhone juga udah support Wireless Charging. Jadi aksesoris keempat yang wajib kamu punya untuk bisa menikmati fitur ini adalah Wireless Charging Pad. Sebenarnya saya punya banyak wireless charging di rumah ya, ada yang model pad kayak gini ada juga yang model stand — tapi kalo pengen yang murah tapi bagus, UGREEN punya Wireless Charging Pad 10W untuk iPhone, dan 10W ini udah cukup ya karena iPhone sebenarnya cuman support Wireless Charging sampai di 7.5W aja. Enaknya pake wireless charging ini tentu ya gak perlu repot2 lepas pasang kabel, jadi tinggal taruh aja dan baterai keisi sendiri. yang saya suka dari wireless charger Ugreen ini adalah bahan alasnya yang lembut, jadi aman buat iPhone, dan dia juga praktis karena kabelnya tinggal digulung aja gini — gak perlu dilepas pasang.

Beli UGREEN Wireless Charging Pad 10W

5. TWS Earphone

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Lanjut ke aksesoris yang kelima, saat ini iPhone gak punya headphone jack 3.5mm, jadi pake TWS Earphone ngemudahin banget. Apple punya Airpods, tetapi saya pribadi pake JBL FREE X yang harganya cuman setengahnya aja. JBL FREE X ini punya kualitas audio yang enak buat kamu yang suka musik2 pop, akustik, atau musik2 lain yg membutuhkan detail. Baterainya juga awet dan bisa jadi alternatif airpods buat kamu yang punya budget minim.

Beli JBL FREE X

6. Photography / Videography RIG

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Nah aksesoris keenam, ini buat kamu yang pengen maksimalin iPhone sebagai device untuk rekam video secara pro, ini saya rekomendasiin Ulanzi U-RIG Metal. Jadi ini adalah RIG metal dengan build quality yang outstanding banget, yang bisa kamu jadiin RIG untuk iPhone. Jadi pake ini kamu bisa pasang lensa disini, lighting disini, microphone disini. Dan iPhone kamu bisa disulap jadi sebuah perangkat mobile videografi untuk berbagai keperluan rekam.

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Tapi kalo kamu lebih suka RIG yang simple, misal untuk keperluan vlog, ini ada ULANZI Metal VLOG Case. Kalo yang ini lebih kecil, praktis, lebih mirip case daripada RIG — tapi tetep bisa kamu pake buat pasang lensa, Mic, Lighting, dan tripod. Nah tapi RIG ini, kamu harus beli yang sesuai dengan versi iPhone kamu ya — karena emang bener2 didesain presisi sesuai dengan desain iPhone nya. Ini dari metal juga, dengan build quality yang juga keren, ada soft case nya utk melindungi iPhone — dan pasang lepasnya ini cuman pake kuncian magnet — yang tentunya bikin makin praktis. Enaknya lagi, kalo pake ini tombol2 iphone tetep fungsional ya, jadi gak perlu lepas pasang kalo pengen pake hape nya.

Beli Ulanzi U-RIG Metal

7. Wide Angle Lens

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Lanjut ke aksesoris ketujuh, iPhone ini gak dilengkapi dengan wide lens. Dua kamera belakangnya merupakan kombinasi kamera utama dan telefoto. Untuk itu buat kamu yang pengen ambil foto yang wide, kamu bisa pake lensa wide lens tambahan. Saya pake Ulanzi 16mm Wide Angle Lens, dan ini bisa ngasih hasil rekam dan foto dengan field of view yang lebih luas ya sampe 100 derajat. Saya pake ini karena dia aman dipasang di kamera depan dan belakang dengan adanya protektor lembut ini, lalu dia juga support Ulanzi U-RIG Metal dan Metal VLOG Case — jadi tinggal dipasang aja. Praktis banget.

Beli Ulanzi Wide Angle Lens

8. Gimbal Smartphone

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Dan lanjut ke aksesoris kedelapan, kamera belakang iPhone emang udah dilengkapi OIS — tapi kamera depannya belum. Nah kalo kamu pengen hasil rekaman vlog kamera depannya smooth, mulus tanpa getaran, kamu bisa pake aja gimbal. Saya udah beberapa kali review gimbal — kemarin baru aja review Feiyutech VLOGPocket — ini gimbal mini yang ringkas, bisa dilipat, dan bisa dikantongin, cocok buat kamu yang suka nge-vlog. Tetapi saya sendiri pake nya Moza Mini-S, karena saya butuh gimbal yang gak cuman bisa dipake nge-vlog aja, tetapi juga keperluan rekam yang lain. Moza Mini-S ini punya joystick navigasi, lalu pergerakan axis nya juga lebih fleksibel dari Feiyu VLOGpocket — dengan portabilitas yang masih lumayan oke. Bisa dilipat juga dan gak terlalu merepotkan buat dibawa.

Beli Moza Mini-S

9. Bluetooth Speaker

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Dan lanjut ke aksesoris kesembilan, untuk menemani experience musik di rumah, ini saya rekomendasiin kamu untuk punya wireless bluetooth speaker. Saya pake JBL Flip 3 di rumah dan studio, dan ini enak banget suaranya. Bass nya kerasa, detailnya kerasa, manteb banget untuk ukuran bluetooth speaker sekecil ini. Baterainya juga awet guys, dan dengan mudah dia bakal otomatis konek ke iPhone kamu setelah pairing. Sebenarnya udah ada juga JBL Flip 5 ya yang terbaru, kamu bisa beli yang itu kalo mau, tapi saya sendiri memilih JBL Flip 3 karena harganya yang udah murah ya saat ini, dengan kualitas audio yang sama2 mantep.

Beli JBL FLIP 3

10. Leather Wallet Case

10 Aksesoris Wajib untuk Memaksimalkan iPhone!

Nah aksesoris iPhone terakhir yang perlu kamu punya adalah case. Saya pake Mujjo Leather Wallet Case, karena dia handmade, elegan banget dengan bahan kulit pilihan — dan gak cuman sekedar case, Mujjo Leather Wallet Case ini punya saku juga dibelakang sini, jadi selain memberi proteksi keamanan secara menyeluruh, case ini bisa dimanfaatin juga buat naruh kartu yang paling sering dipake.

Beli Mujjo Leather Wallet Case

Nah itulah dia 10 rekomendasi aksesoris yang bisa memaksimalkan fitur dan experience di Phone kamu. Tulis aja di kolom komentar mana yang jadi favorit kamu, kalo ada rekomendasi aksesoris menarik lain juga boleh kamu tuliskan di komentar. Sampai bertemu di review dan rekomendasi menarik lainnya, besok!